Waspada 6 Penyakit yang Mudah Muncul saat Puasa di Bulan Ramadan, Simak Cara Mengatasinya

Daftar penyakit yang mudah muncul saat berpuasa di bulan Ramadan. Deretan penyakit ini mudah sekali menyerang sistem kekebalan tubuh ketika sedang berpuasa. Namun hal tersebut bisa diatasi dengan mengatur pola makan dan memenuhi nutrisi tubuh.

Jika nutrisi dalam tubuh kurang terpenuhi maka akan mudah terserang penyakit dan menyebabkan puasa menjadi tidak lancar. Lalu apa sajakah penyakit yang mudah menyerang tubuh saat berpuasa di Bulan Ramadan? Ketika berpuasa tentu sering sekali nafas menjadi kurang sedap.

Hal ini biasa terjadi ketika mulut mulai muncul lapisan putih yang menempel pada gigi dan juga lidah. Bau mulut biasa terjadi ketika tubuh kekurangan cairan selama berpuasa. Untuk mengatasinya cobalah rutin menggosok gigi ketika sahur dan sebelum tidur.

Setelah itu jangan lupa menggunakan obat kumur antiseptik agar menjaga nafas menjadi segar sepanjang hari. Jangan lupa untuk mengonsumsi buah buahan ketika berbuka puasa. Biasanya saat berpuasa tubuh akan mudah lelah bahkan mengalami mual.

Rasa mual bisa terjadi akibat makanan yang dikonsumsi ketika sahur dan berbuka puasa. Hindari makanan yang pedas dan terlalu asam saat sahur dan berbuka. Konsumsilah makanan yang kaya akan protein, serat, karbohidrat, dan vitamin.

Seperti sayur brokoli, buah melon, telur ayam, hingga buah buahan lain yang bervitamin. Sehingga selama berpuasa tubuh akan mudah merasa mual yang mengakibatkan muntah. Selain mual dan muntah, mengonsumsi makanan sembarangan ketika sahur dan buka puasa juga memicu diare.

Saat salah memilih makanan tentu saluran pencernaan akan merasa perih. Namun hal ini bisa dicegah dengan mengonsumsi buah dan sayur yang mengandung serat. Seperti buah persik, buah pepaya, buah pisang, buah melon, hingga buah pir.

Konsumsilah buah dan sayur yang tinggi serat ketika sahur dan saat akan tidur malam. Dehidrasi merupakan penyakit yang paling sering muncul ketika sedang berpuasa. Dehidrasi disebabkan karena kurangnya cairan dalam tubuh yang mengakibatkan tubuh menjadi mudah lelah.

Solusinya, cobalah untuk tidak terlalu banyak tidur, konsumsi buah buahan yang tinggi air ketika sahur dan berbuka, dan penuhi cairan dengan banyak minum air putih. Ada baiknya juga kamu mengonsumsi susu dan air kelapa saat sahur agar tubuhmu mendapat isotonik dan elektrolit untuk kuat berpuasa seharian. Pusing atau sakit kepala biasanya mudah menyerang siapapun ketika berpuasa.

Hal ini dikarenakan kurangnya pasokan glukosa dalam tubuh, sehingga tubuh menjadi letih dan pusing. Untuk solusi terbaiknya, konsumsilah makanan manis ketika berpuasa dengan takaran yang ditentukan. Terlalu banyak mengonsumsi makanan manis justru akan membuat tubuhmu lemas dan tidak kuat berpuasa.

Selain itu cobalah untuk mengurangi minum kopi dan merokok. Penyakit yang sering muncul pada saat berpuasa adalah asam lambung. Asam lambung bisa menyerang tubuh karena lambung dalam keadaan kosong.

Hal ini dipicu oleh makanan yang dikonsumsi ketika berbuka puasa. Setelah berpuasa seharian tentu perut akan kosong, dan sebaiknya berbuka dengan mengonsumsi makanan yang kaya nutrisi. Seperti sayur, makanan tinggi protein dan karbohidrat, hingga daging panggang.

Jangan berbuka puasa dengan mengosumsi makanan yang terlalu asam atau pedas karena memudahkan asam lambung menjadi naik.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *