Waspada, 6 Penyakit Ini Sering Menyerang saat Musim Hujan, Influenza hingga Leptospirosis

Musimhujan akan segera datang, sangat penting untuk mulai menjaga pertahanan tubuh agar tidak mudah sakit. Ada beragam jenis penyakit yang bisa menyerang tubuh saat musih hujan tiba. Di antaranya ada enam jenis penyakit yang mungkin bisa menyerang tubuhmu.

Influenza merupakan penyakit yang disebabkan oleh masuknya virus influenza A, B, atau C ke saluran pernapasan. Gejalanya bisa berupa demam, sakit kepala, pilek, sakit tenggorokan, batuk, dan nyeri sendi. Pengobatan:

Minum obat paracetamol untuk meredakan demam dan jangan berikan aspirin kepada anak anak. Antibiotik, berikan hanya karena adanya komplikasi influenza seperti pneumonia. Istirahatlah yang cukup

Makan makanan yang bergizi Banyak meminum air putih Demam berdarah merupakan penyakit infeksi yang disebabkan oleh gigitan nyamuk aedes aegypti .

Gejalanya biasanya berupa demam tinggi yang bisa berlangsung selama dua hingga tujuh hari, nyeri sendi, lelah, ruam kulit (bintik bintik merah kecil), sakit perut, mual, dan muntah. Ketika Anda mengetahui tanda tanda tersebut, sebaiknya segera pergi ke dokter. Pasien demam berdarah sangat disarankan untuk minum lebih banyak, karena mereka akan membutuhkan banyak cairan di tubuhnya.

Cara Mencegah: Tutupi drum atau ember air setiap saat untuk mencegah nyamuk berkembang biak. Bersihkan semua wadah air seminggu sekali, gosok sisi permukaan dengan baik untuk menghilangkan telur nyamuk yang menempel.

Bersihkan selokan, sehingga air hujan tidak akan terkumpul sebagai tempat berkembang biaknya nyamuk. Kumpulkan dan buang semua kaleng, botol, dan barang barang lain yang tidak bisa digunakan yang bisa menampung air. ISPA merupakan infeksi yang disebabkan oleh virus yang sering menyerang balita.

Penyakit ini menimbulkan peradangan saluran pernafasan. Gejala yang ditimbulkan berupa demam ringan hingga tinggi, batuk kering hingga berdahak, tenggorokan terasa sakit dan susah menelan. Diare merupakan penyakit yang ditandai dengan encernya feses yang dikeluarkan.

Hal tersebut menyebabkan frekuensi buang air besar menjadi lebih sering. Kondisi Diare bisa ringan namun juga sangat membahayakan. Kebanyakan orang yang menderita diare akan merasa lemas, dan membutuhkan banyak cairan.

Segeralah ke dokter untuk mendapatkan resep obat. Penyakit Malaria biasanya meningkat saat memasuki musim hujan. Malaria merupakan penyakit yang diakibatkan oleh infeksi parasit plasmodium yang menular melalui gigitan nyamuk anolheles .

Sebaiknya segera ditangani, karena malaria dapat berkembang dan beresiko mengancam nyawa penderita. Leptospirosis merupakan penyakit yang disebabkan oleh bakteri Leptospira sp yang menyebar lewat urine tikus. Ketika musim hujan terjadi, kemungkinan bisa terjadi banjir, tikus akan keluar dan urine tikus bercampur dengan air banjir hingga masuk ke tubuh lewat kulit.

Gejalanya biasanya berupa mukosa yang kering dan kulit berwarna kekuningan. Penyakit Leptospirosis harus dibuktikan dengan cara test laboratorium. Jika seseorang menderita penyakit ini, penanganannya adalah dengan memberikan antibiotik.

Ketika Anda mengalami beberapa penyakit musim hujan, kebutuhan cairan Anda akan meningkat. Terutama jika Anda merasakan demam, diare, dan mual muntah. Kebutuhan cairan tubuh yang disarankan berkisar 2 2,5 liter perhari untuk orang dewasa normal.

Biasakan cuci tangan sebelum dan sesudah melakukan aktivitas, untuk menghindari penyakit akibat kontaminasi makanan.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *