Terinfeksi Cacar Air Saat Hamil, Ini Risiko Janin Dalam Kandungan Kartika Putri

Kartika Putri dan suaminya tengah berbahagia karena akan segera mendapat momongan. Kabar bahagia ini, Kartika Putri bagikan melalui unggahan foto test pack di Instagram, Selasa (30/04/2019) lalu. Selain mengunggah foto, Kartika Putri juga membuat highlight tentang kehamilannya.

Diketahui usia kehamilan istri Habib Usman itu menginjak 14 minggu. Setelah mengunggah foto bukti kehamilannya, Kartika kembali membagikan perkembangan kehamilannya. Dalam unggahan tersebut terlihat layar USG yang memperlihatkan janin calon bayi Kartika Putri dan Habib Usman.

Kartika Putri menceritakan kalau saat usia kehamilan 11 minggu mendapati masalah. Masalah itu adalah Kartika tertular cacar air dari anak tirinya. Anak tirinya tertular cacar air karena teman sekolahnya.

Kartika Putri mengungkapkan saat Ia mengetahui dirinya tertular cacar air patah hatinya. Tetapi karena dukungan dari suami dan teman teman, Kartika tetap tegar. Di sisi lain apakah cacar air berbahaya saat sedang hamil?

Melansir dari Baby Center, cacar air menjadi berbahaya tergantung kondisi ibu hamil tersebut. Jika mama sebelumnya sudah pernah mengalami cacar air maka menjadi kebal. Selain itu, Moms juga akan kebal kalau menerima vaksin cacar air.

Satu dosis vaksin cacar air, yang merupakan rekomendasi standar ketika pertama kali ditawarkan, secara efektif mencegah penyakit pada 80 hingga 85 persen orang yang divaksinasi dan mencegah kasus yang parah pada sebagian besar lainnya. Sejak itu, penelitian telah menunjukkan bahwa dosis kedua memberikan perlindungan tambahan, sehingga Pusat Pengendalian Penyakit (CDC) sekarang menyarankan untuk mendapatkan dua dosis vaksin cacar air. Karena banyak orang dewasa yang kebal, sangat sedikit wanita hamil yang terkena cacar air, perkiraan berkisar dari 1 hingga 5 kasus untuk setiap 10.000 kehamilan.

Tetapi Moms yang belum pernah mengalami cacar air dan sedang hamil ada kemungkinan kecil janin akan terpengaruh. Apa yang terjadi pada janin ketika Moms terkena cacar air? Kemungkinannya tidak terjadi sesuatu pada janin.

Tetapi kalau Moms terkena cacar air selama trimester pertama atau kedua, ada sedikit risiko. Risiko tersebut adalah janin Moms bisa terkena sindrom varicella bawaan. Risikonya paling tinggi jika Moms terinfeksi antara minggu ke 13 dan 20.

Sindrom varicella kongenital ditandai oleh cacat lahir, paling sering berupa jaringan parut kulit, cacat anggota tubuh, kepala kecil yang tidak normal, masalah neurologis (seperti kecacatan intelektual), dan masalah penglihatan. Bayi dengan sindrom varicella bawaan dapat tumbuh dengan buruk di dalam rahim dan menderita kejang serta cacat perkembangan fisik dan mental. Infeksi juga dapat meningkatkan risiko keguguran atau lahir mati.

Jika Moms terkena cacar air, sebaiknya memeriksakan ke dokter spesialis kandungan. Di sana Moms akan memiliki USG terperinci untuk memeriksa tanda tanda cacat atau masalah lain dan kemudian memiliki setidaknya satu ultrasonografi lanjutan. Tidak. CDC menyarankan Moms untuk menunggu sebulan setelah mendapatkan vaksin cacar air sebelum bahkan mencoba untuk hamil.

Atur untuk mendapatkan dosis pertama vaksinasi tepat setelah Moms melahirkan (dan dosis kedua empat hingga delapan minggu kemudian pada kunjungan pascapersalinan), sehingga Moms tidak perlu khawatir tentang infeksi selama kehamilan berikutnya. Aman mendapatkan vaksin saat sedang menyusui. Jadi Moms saat hamil namun terinfeksi cacar air seperti Kartika Putri sebaiknya segera periksakan ke dokter spesialis kandungan.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *