Sering Terbangun Tengah Malam? Ini 8 Penyebab dan Cara Mengatasinya

Hampir setiap orang akan terbangun di tengah malam. Sebagian orang beranggapan, keinginan untuk buang air kecil karena minum terlalu banyak sebelum tidur adalah penyebabnya. Namun, bangun secara teratur di tengah malam dapat menjadi masalah karena mengganggu tidur.

Tidur adalah fungsi penting yang membantu memulihkan tubuh. Kurang tidur yang cukup dapat menimbulkan masalah kesehatan yang signifikan dan merusak fungsi kognitif. Sleep apnea adalah penyebab umum seseorang terbangun di tengah malam.

Gangguan ini menyebabkan napas pendek yang dapat menyebabkan seseorang terbangun beberapa kali permalam. Dalam banyak kasus, seseorang bahkan tidak menyadari bahwa tidurnya terganggu. Seseorang dengan sleep apnea memiliki gejala gejala seperti, sakit kepala di pagi hari, terengah engah di malam hari, dan kelelahan siang hari.

Seseorang dengan sleep apnea juga suka mendengkur dan kesulitan berkonsentrasi pada siang hari. Jika sleep apnea adalah penyebab orang sering terbangun di tengah malam, akan lebih baik jika kamu berkonsultasi kepada dokter mengenai gangguan ini. Cobalah untuk mencari pelayanan perawatan gangguan tidur untuk mengatasi sleep apnea.

Pilihan perawatan mungkin termasuk menjalani operasi, menggunakan alat tekanan jalan napas, atau mencoba alat oral yang membantu membuka saluran udara. Kecemasan dan depresi dapat menyebabkan insomnia. Hal itu juga berlaku sebaliknya.

Insomnia dapat menyebabkan salah satu dari kondisi ini. Baik kecemasan maupun depresi mempersulit seseorang untuk menenangkan pikiran mereka atau mematikan proses berpikir mereka. Ini bisa membuatnya sulit untuk tertidur dan tetap tertidur.

Jika kamu mengalami hal ini, kamu harus berbicara dengan penyedia layanan kesehatan jika merasa cemas atau tertekan. Kamu juga bisa berbicara dengan terapis. Jika memungkinkan dan mendapat saran dari terapis mengenai konsumsi obat, minum obat untuk mengatasi kecemasan atau depresi.

Kamu juga perlu berlatih teknik relaksasi. Selain itu, kamu juga dapat melakukan teknik relaksasi sendiri di rumah, seperti memainkan musik yang menenangkan, berolahraga secara teratur, dan mengurangi beban tugas. Kamu juga bisa bermeditasi dan menciptakan lingkungan yang menenangkan di kamar tidur.

Insomnia adalah suatu kondisi di mana seseorang merasa sulit atau tidak mungkin untuk tertidur. Insomnia menyebabkan kelelahan di siang hari dan membuat seseorang menjadi sulit menjalani hari. Insomnia dikaitkan dengan depresi dan kecemasan.

Gangguan ini juga bisa menjadi penyebab dan gejala dari depresi dan kecemasan. Ada banyak solusi potensial yang bisa dilakukan seseorang untuk mengurangi keparahan insomnia mereka. Cara tersebut antara lain tidak makan makanan berat atau pedas sebelum tidur, bermeditasi, berolahraga secara teratur di siang hari, dan tidak tidur siang.

Kamu juga harus mempertahankan jadwal tidur yang teratur dan melakukan aktivitas berulang di luar kamar tidur. Keinginan untuk buang air kecil bisa membangunkan seseorang di malam hari. Sebagian orang mungkin dapat mencegahnya dengan mengurangi minum di malam hari.

Beberapa faktor yang dapat menyebabkan buang air kecil di malam hari antara lain, kehamilan, pembesaran prostat, diabetes, prolaps kandung kemih, kandung kemih yang terlalu aktif, dan mengomsumsi obat obatan. Pengobatan dapat dilakukan tergantung pada apa yang menyebabkan keinginan buang air kecil di malam hari. Beberapa solusi potensial untuk masalah ini yaitu membatasi asupan cairan sebelum tidur, minum obat lebih awal, dan menghindari makanan pedas.

Jika kehamilan menjadi penyebab hal ini, maka gejala tersebut akan mereda pada akhir kehamilan. Seseorang yang mengalami mimpi buruk mungkin tidak benar benar bangun. Sebaliknya, mereka mungkin menjerit, meronta ronta, menangis, atau tampak ketakutan.

Terkadang, orang tersebut tidak ingat apa yang menyebabkan mimpi buruk itu. Meskipun anak anak kemungkinan besar mengalami mimpi buruk, hal ini juga dapat terjadi pada orang dewasa. Anak anak biasanya dapat mengatasi mimpi buruk seiring bertambahnya usia.

Namun, orang tua harus menghubungi dokter anak jika anak lelah di siang hari, anak dalam bahaya ketika mimpi buruk terjadi, dan frekuensi episode meningkat. Orang tua juga perlu berkonsultasi ke dokter jika mimpi buruk tersebut membangunkan anak atau orang lain di rumah, dan episode episode berlanjut hingga dewasa. Seseorang tidur paling nyenyak ketika suhu tubuhnya dingin.

Terkadang, suhu tubuh seseorang bisa naik terlalu banyak. Bagi banyak orang, ini karena kamar tidur mereka terlalu hangat. Bagi yang lain, itu mungkin karena keringat malam.

Orang yang tidur di lingkungan yang hangat harus mengambil langkah untuk mendinginkan ruangan. Misalnya, mereka dapat menggunakan AC atau kipas angin, atau tidak mengenakan selimut. Keringat malam dapat terjadi karena obat yang diminum seseorang, gangguan autoimun, infeksi, atau kecemasan.

Jika keringat malam terjadi, seseorang harus berbicara dengan dokter mereka tentang cara untuk mengobati kondisi yang mendasarinya. Menurut National Sleep Foundation, terpapar layar elektronik sebelum tidur dapat menyebabkan masalah seperti pengurangan melatonin dan jam tubuh yang terganggu. Gangguan ini bisa membuat sulit tidur dan dapat menyebabkan seseorang terbangun di tengah malam.

Selain itu, suara suara yang berasal dari TV, ponsel, atau perangkat elektronik lainnya dapat menyebabkan seseorang terbangun dari tidur. Untuk membantu mencegah masalah ini, National Sleep Foundation merekomendasikan untuk menghentikan penggunaan perangkat elektronik 30 menit hingga 2 jam sebelum tidur. Ini akan memungkinkan otak untuk mulai tenang dan membuatmu tertidur.

Makan terlalu banyak atau memakan makanan pedas sbeelum tidur dapat menyebabkan masalah tidur. Gangguan pencernaan menyebabkan kembung dan gas yang tidak nyaman. Hal ini membuatmu sulit tidur dan mungkin membangunkan seseorang di tengah malam.

Untuk mencegah gangguan pencernaan pada malam hari, kamu harus makan lebih banyak di pagi hari. Bagi orang yang lapar sebelum tidur, camilan ringan adalah pilihan terbaik.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *