Serba-serbi Dongeng Budaya dan Teknologi

Bagi Anda para orangtua, jangan pernah mengira bahwasannya membacakan dongeng, terutama dongeng budaya adalah hal yang sudah ketinggalan zaman. Apalagi anak Anda adalah anak yang selalu aktif dan selalu bermain gawai. Berikut ini ada beberapa informasi mengenai terobosan baru berupa dongeng digital yang bisa Anda simak.

Manfaat Membaca Dongeng

Jangan kira, meskipun yang membaca dongeng adalah Anda, tapi manfaatnya akan mengalir pada anak. Berikut ini daftar manfaat yang akan diperoleh anak apabila Anda sebagai orangtua rajin membacakannya dongeng.

●              Meningkatkan Keterampilan Bicara

Saat Anda membaca dongeng dengan baik, secara tidak langsung anak Anda akan belajar untuk berbicara. Hal ini dikarenakan anak, bayi atau balita akan kenal banyak kosa kata dari pelafalan yang Anda baca. Anak akan merekam dan mencoba untuk menirukan setiap kata yang Anda ucapkan.

●              Mengembangkan Kemampuan Berbahasa

Hal yang serupa seperti sebelumnya juga akan dialami oleh anak. Yaitu dengan mendengarkan struktur kalimat dari Anda yang mengasuh dan membacakan dongeng. Perlahan anak akan memiliki kemampuan berbahasa yang sama dengan apa yang Anda ucapkan.

●              Meningkatkan Minat Baca

Membacakan anak dongeng akan menumbuhkembangkan anak terhadap minat baca. Membacakan anak akan membuat anak lebih terangsang terhadap minat baca. Terutama saat anak sudah bertambah dewasa. Hal ini dikarenakan anak sudah terbiasa dengan bacaan sehingga membuat anak lebih tertarik dengan membaca.

●              Mengembangkan Keterampilan Berpikir, Imajinasi, Kreativitas dan Emosi

Saat anak dibacakan buku terutama mengenai dongeng atau cerita lainnya, akan mengembangan keterampilan berpikir dan emosi anak. Terutama daya imajinasi dan kreativitasnya. Pasalnya, anak akan menyimak dan mencoba memahami jalan cerita sekaligus merasakan apa yang dirasakan oleh tokoh dalam cerita tersebut. Apabila dalam pertengahan anak bertanya, itu menandakan anak mulai aktif menanggapi cerita tersebut.

●              Meningkatkan Keterampilan Problem Solving

Pada saat tokoh dalam cerita mengalami masalah, anak akan belajar dari cara tokoh menyelesaikan masalah tersebut. Cara ini bisa anak tiru dalam menyelesaikan masalah yang dihadapinya. Dengan begitu, anak akan belajar untuk meningkatkan keterampilan dalam menyelesaikan masalah yang dihadapinya.

●              Memperkenalkan Nilai-Nilai Moral, Ide Baru dan Budaya

Hal positif lainnya adalah anak bisa mengenal mengenai nilai moral maupun ide-ide dalam amanat cerita tersebut. Hal-hal semacam ini bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari terutama dari dongeng budaya yang erat dan kental nilai-nilai tersebut.

●              Relaksasi dan Mempererat Ikatan Emosi dengan Orang Tua

Saat Anda membacakan dongeng kepada anak, hal ini salah satu cara untuk menstimulasi bounding anak dengan Anda. Termasuk anak merasa lebih dekat Anda, merasa lebih terbuka untuk saling berbagi, bahkan bisa saling mengerti mengenai emosi antara anak dan orangtua.

Inovasi Membaca Dongeng

Rata-rata anak zaman sekarang lebih dekat dengan gawai daripada dengan buku. Oleh karena itu, Dancow memiliki inovasi terhadap hal ini. Yaitu berupa dongeng digital di mana anak bisa menyimak dongeng dari gawai. Pada situs Dancow ini, Anda bisa menyajikan cerita dongeng sekaligus menemani buah hati yang banyak seri dan tipe-tipe ceritanya.

Tidak hanya itu, cerita yang diangkat pada dongeng ini juga kental dengan pesan moral. Kejadian atau latar belakang cerita yang diusung pun termasuk cerita yang ringan sehingga anak pun lebih mudah menangkap jalan cerita. Cara penyajiannya pun berupa animasi yang pasti banyak disukai oleh anak-anak.

Cara Menikmati Dongeng Digital

Apabila Anda ingin menikmati ini, Anda bisa membeli susu Dancow 1+, 3+ atau 5+ bahkan bisa juga semua ukuran kemasan. Setelah itu, buka kemasan dan temukan kode unik di bagian dalamnya. Jika sudah, Anda bisa masuk pada website Dancow dan pilih dongeng aku dan kau. Anda akan menemui pilihan cerita dan silakan memilih salah satu diantaranya yang Anda inginkan.

Jika Anda ingin melihat video dongeng secara penuh, maka Anda harus memasukkan kode unik yang telah Anda temukan sebelumnya. Caranya, silakan masuk pada website Dancow dan cari menu login. Kemudian masukkan nama Anda, nomor ponsel dan kode unik tadi. Barulah Anda bisa melihat video-video dongeng lainnya.

Namun, apabila Anda belum memiliki akun untuk memasukkan kode tersebut, lebih baik Anda mendaftarkan diri terlebih dahulu. Caranya masuk website dancowparentingcenter.com. Masukkan nama depan dan nama belakang Anda, jenis kelamin, nomor ponsel, dan kata kunci. Ikuti segala petunjuk yang ada dan tunggu sampai ada pemberitahuan berhasil.

Itulah beberapa informasi mengenai terobosan terbaru agar anak lebih menyukai cerita terutama dongeng budaya yang sarat akan pesan moral. Apabila Anda rajin membacakan anak dongeng dan bermain seru dengannya, Anda turut serta mengembangkan 5 karakter anak unggul yaitu keberanian, kecerdasan, kreativitas, kepedulian, dan kepemimpinan.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *