Sehat dan Berkilau, Ikuti 5 Tips Merawat Rambut Pendek Cewek

Kini, cantik tak selalu identik dengan rambut panjang, cantik juga diperuntukkan bagi mereka yang berambut pendek. Merawat rambut pendek cewek tak boleh sembarangan. Haruslah menggunakan perawatan yang tepat agar tetap sehat, berkilau dan mudah diatur setiap hari. Berikut ini lima tips merawat rambut pendek.

  1. Jangan Terlalu Sering Menyisir Rambut

Memiliki rambut pendek juga punya keuntungan, salah satunya ialah Anda tak perlu menyisir rambut setiap hari dan setiap waktu agar rambut tetap rapi seperti ketika Anda memiliki rambut panjang. Sebaliknya, Anda yang memiliki rambut pendek biasanya tidak mudah kusut ataupun berantakan layaknya rambut panjang.

Cukup dengan sisir jari saja rambut Anda sudah rapi seperti semula. Atau jika Anda ingin menyisir, pilihlah sisir dengan bulu-bulu halus. Sebab, mereka yang berambut pendek biasanya memiliki volume rambut yang tak terlalu tebal.

Sehingga, apabila menggunakan sisir biasa dikhawatirkan akan melukai kulit kepala dan membuat rambut mudah rontok. Tapi, sebaiknya jangan sering-sering disisir untuk menjaga kesehatan dan volume rambut.

  1. Rapikan Rambut 3 hingga 6 Bulan Sekali

Rambut pendek lebih cepat tumbuh dibandingkan mereka yang berambut panjang. Sehingga Anda perlu memperhatikan kapan waktu yang tepat untuk pergi ke salon dan merapikan bentuk rambut Anda. Setidaknya, setiap bulannya rambut akan tumbuh 0.5 inchi sehingga perlu rutin ke salon untuk mengembalikan bentuk potongan rambut.

Jangan asal-asalan memotong rambut, Anda juga harus mempertimbangkan struktur, panjang, ketebalan, hingga bentuk muka Anda agar sesuai dan menambah kepercayaan diri. 3 hingga 6 bulan sekali adalah waktu yang tepat untuk ke salon dan menata bentuk rambut.

Jika dibiarkan tumbuh terus akan memberikan kesan tidak rapi bahkan berpengaruh ke bentuk muka yang terlihat tidak segar. Rutin merapikan tatanan rambut juga akan menghindarkan dari keluhan rambut bercabang yang mana akan mengganggu penampilan Anda.

  1. Tidak Perlu Keramas Setiap Hari

Berbeda dengan rambut panjang yang harus keramas setiap hari karena menghindari kotoran serta minyak pada kulit kepala, Anda tidak perlu melakukan hal serupa. Sebab, kotoran yang menempel pada rambut pendek cewek lebih sedikit dibandingkan dengan mereka yang berambut panjang.

Sehingga Anda hanya perlu keramas 2 hingga 3 hari sekali untuk menjaga kebersihan dan menghilangkan kotoran pada kulit kepala rambut. Selain itu, pemilihan sampo yang tepat juga harus diperhatikan.

Anda harus memilih sampo yang sesuai dengan keluhan, karakteristik rambut dan kelebihan rambut. Apakah tipe rambut Anda kering, berminyak, hingga sensitif? Harus disesuaikan dengan sampo yang digunakan ya.

  1. Mengeringkan Rambut dengan Cara yang Benar

Setelah keramas dan memilih sampo yang tepat, langkah yang harus diperhatikan selanjutnya ialah mengeringkan rambut. Jangan menggosok rambut dengan handuk saat mengeringkannya. Hal ini hanya akan membuat rambut Anda kusut dan mudah rontok.

Gunakan metode mengangin-anginkan rambut hingga kering dengan alami. Jangan terlalu sering menggunakan hair dryer karena akan membuat rambut kering, kasarĀ  bahkan bercabang. Selain itu, agar rambut menjadi lembut, Anda juga bisa membungkus dan mengeringkannya dengan kaos bahan katun.

  1. Gunakan Produk Perawatan Pendukung

Usai rambut pendek cewek dikeringkan, gunakan produk perawatan rambut lainnya agar kesehatan rambut lebih terjaga. Misalnya serum rambut, hingga conditioner yang cocok dengan tipe kulit kepala dan rambut Anda. Jangan lupa untuk menghindari pemakaian catokan, atau spray ketika menata rambut. Karena akan membuat rambut jadi cepat rusak dan rontok.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *