Perhatikan 5 Tips Penting Ini Saat Ingin Memilih Asuransi Syariah

Asuransi syariah hingga saat ini menjadi sorotan banyak pihak terutama kaum muslim sebagai jaminan hidup untuk disaat-saat yang sulit. Tidak sedikit yang merasa tertarik dan ingin mengajukan polis asuransi, namun ragu-ragu menentukan pilihan ingin ikut asuransi syariah yang mana, karena memang di Indonesia ada beberapa asuransi syariah yang tersedia. Untuk membantu anda dalam memilih asuransi syariah yang tepat, saya bagikan beberapa tipsnya pada artikel ini!

1.       Pilih Produk Sesuai Kebutuhan

Perlu diketahui sejak awal, jika asuransi banyak memiliki jenis, ada asuransi kesehatan, asuransi jiwa, asuransi pendidikan dan sebagainya. Dengan mengetahui hal ini, diharapkan akan mudah menentukan asuransi mana yang sesuai dengan kebutuhan. Jika asuransi diharapkan dapat digunakan untuk kebutuhan berobat atau untuk masalah kesehatan, bisa memilih asuransi kesehatan. Intinya, anda harus memilih produk asuransi yang sesuai dengan kebutuhan agar benar-benar dirasakan manfaatnya.

2.       Menentukan Perusahaan Asuransi Syariah

Ada banyak perusahaan asuransi syariah yang sudah berdiri dan berpengalaman saat ini. Pastinya, masing-masing perusahaan tersebut memberikan layanan dan pilihan produk yang berbeda-beda, memiliki keunggulan serta kekurangan. Ketahui lebih dalam mengenai perusahaan asuransi syariah yang akan dipilih, terutama mengenai track record, bagaimana pelayanannya, apakah proses klaim mudah dan cepat, berapa lama perusahaan berdiri, legalitas perusahaan dan lainnya.

3.       Pilih yang Diawasi DPS

Untuk menjaga kehalalan dan menjamin produk asuransi syariah berjalan sesuai kaidah syariat, dibentuklah Dewan Pengawas Syariah (DPS) yang biasanya terdiri dari beberapa orang anggota yang benar-benar memahami dan memiliki ilmu dalam bidang ekonomi syariah. Jadi, penting kiranya meyakinkan bahwa asuransi syariah yang dipilih berada dalam pengawasan DPS.

4.       Pahami Akad Asuransi Secara Jelas

Sebelum sampai pada kesepakatan antara pemegang polis dengan pihak asuransi, ada baiknya untuk memahami terlebih dahulu hal-hal penting yang berkaitan dengan produk asuransi syariah yang akan dipilih. Jika memang sudah yakin dan dirasa tepat, maka proses akad asuransi syariah akan terasa lebih ringan dan mudah.

5.       Pilih Premi yang Sesuai Kesanggupan

Saat memilih produk asuransi, biasanya pihak asuransi akan menawarkan beragam pilihan tarif premi yang bisa anda pilih. Jangan asal pilih, pastikan untuk memilih premi yang sesuai dengan kesanggupan atau kondisi keuangan setiap bulan karena membayar premi adalah hal yang wajib dilakukan oleh setiap pemegang polis. Pastikan tarif premi yang anda pilih tidak menjadi beban dikemudian hari.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *