Penyebab Sepele Terjadinya Alergi pada Bayi di Bagian Kulit   

Anak-anak masih memiliki sistem imun yang rentan terkena penyakit atau pun infeksi karena bakteri. Salah satu bagian yang rentang terkena adalah kulit anak. Alergi pada bayi merupakan masalah kulit yang sering terjadi. Berikut ini penyebab sepele terjadinya alergi pada anak di bagian kulit yang harus lebih diperhatikan.

  1. Keringat

Keringat ternyata dapat menyebabkan anak mengalami alergi pada kulitnya dengan timbulnya biang keringat. Jadi jika anak Anda bermain di luar terkena panas sebaiknya dikurangi dengan memberikan jadwal bermain di sore hari. Selain itu jika di rumah usahakan untuk ruangan tempat tidur anak tidak pengap.

Masalah biang keringat yang terjadi pada kulit anak akan menyebabkan gatal-gatal. Dalam jangka waktu yang lama biang keringat dapat merusak sel-sel permukaan kulit anak. Jadi Anda harus sigap untuk segera mengatasinya sebelum semakin parah.

  1. Tubuh yang Kotor

Anda yang kerap membiarkan anak bermain kotor lalu setelah bermain tidak langsung mandi bisa menyebabkan timbulnya alergi pada anak. Kotoran yang menempel di tubuhnya akan membuat bagian kulit menjadi gatal. jadi setelah bermain anak seharusnya di suruh mandi jangan sampai anak langsung tidur dalam keadaan yang kotor.

  1. Makanan

Tidak hanya pada anak-anak, alergi karena makanan juga terjadi pada orang dewasa. Anda yang melihat terjadi alergi anak setelah memakan sesuatu jangan dibiarkan dan dianggap sepele. Cari tahu makanan apa yang membuat anak mengalami alergi dan usahkan untuk tidak memberikan lagi makanan tersebut kepada anak dalam jumlah yang banyak.

  1. Sisa Makanan

Sisa makanan yang tinggal di bagian wajah anak juga dapat menyebabkan anak mengalami alergi. Biasanya ini terjadi di bagian rongga mulut anak atau daerah sekitar bibirnya. Usahkanlah setelah anak makan untuk mencuci bagian tangan dan mulutnya sampai bersih. setelah itu lap menggunakan kain atau pun tisu agar tidak ada sisa makanan penyebab alergi.

  1. Debu dan Kotoran

Mengingat kulit anak masih rentan dengan alergi, Anda harus menjaga kebersihan lingkungan terutama di dalam rumah. Jangan biarkan ada debu di tempat tidur anak atau pun kamarnya. Selain itu usahakan untuk tidak meletakkan pakaian kotor anak di kamarnya. Pastikan juga sirkulasi udara di kamar anak berjalan dengan lancar.

  1. Bahan Pakaian

Kadang hanya melihat model baju yang unik atau pun harga yang murah Anda langsung membelinya. Seharusnya perlu untuk mengetahui bahan yang digunakan pada baju karena beberapa bahan ada yang menyebabkan alergi pada bayi. Pilihlah bahan baju yang lembut seperti bahan katun atau kaus. Setelah itu pastikan bahannya tidak gerah atau pun panas.

  1. Sabun

Sabun yang digunakan juga dapat menjadi penyebab alergi pada anak. Mulai dari sabun mandi sampai sabun cuci pakaiannya. Anda harus memilih sabun yang aman di kulit anak dengan cepat tanggap jika melihat reaksi merah pada kulit anak.

Sedangkan untuk sabun cuci pastikanlah sabun tersebut sudah teruji aman untuk digunakan pada anak-anak. Saat mencucinya bilaslah hingga bersih agar tidak meninggalkan sisa sabun pada pakaian. Jangan gunakan sabun yang sama jika melihat reaksi pada kulit anak.

Anda yang paling tahu penyebab apa yang membuat alergi pada bayi terjadi. Perhatian kepada anak tidak cukup hanya dengan fasilitas mainan saja. Anak membutuhkan kasih sayang Anda sebagai orang tua agar tumbuh kembangnya berjalan optimal. Jika Anda bingung memilih sabun yang aman untuk anak bisa mengunjungi rinso.com untuk informasi lebih lanjut.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *