Mengenal Apa Itu Reksa Dana dan Bagaimana Cara Investasi untuk Pemula

Generasi millenial yang sudah bekerja sekarang dikenal sebagai generasi yang susah menabung. karena memiliki gaya hidup yang tinggi. Stigma negatif tentang generasi millenial yang boros merupakan peringatan bagi Anda untuk mulai memikirkan masa depan dengan mengenal apa itu reksa dana.

Apa Itu Reksa Dana?

Berdasarkan UU Pasar Modal Tahun 1995 reksa dana adalah wadah yang digunakan untuk menghimpun dana dari pemodal untuk selanjutkan akan diinvestasikan dalam bentuk portofolio efek oleh Manajer Investasi dan sudah mendapatkan izin dari Badan Pengawas Pasar Modal.

Reksa dana juga merupakan pilihan bagi Anda yang ingin memiliki saham dengan risiko kerugian yang rendah karena investasi saham dilakukan oleh Manajer dan Investor lain. Reksa dana bisa digunakan untuk Anda yang ingin melakukan investasi saham namun kurang paham soal investasi.

Jenis-Jenis Reksa Dana

Sebelum melakukan investasi reksa dana, kunci sukses yang harus Anda ketahui adalah kecocokan jenis instrumen dan jenis reksa dana yang Anda pilih. Maka dari itu Anda harus paham apa saja jenis reksa dana agar mendapatkan untung.

Ada 4 jenis reksa dana yaitu reksa dana pasar uang, reksa dana pendapatan tetap, reksa dana campuran dan reksa dana saham. Reksa dana pasar uang adalah jenis investasi yang memiliki risiko rendah karena reksa dana jenis ini menempatkan seluruh dana pada instrumen pasar uang seperti deposito, obligasi dan Sertifikat Bank Indonesia (SBI).

Reksa dana pasar uang merupakan reksa dana jangka pendek dan paling menguntungkan dibandingkan dengan jenis reksa dana lainnya. reksa dana jenis ini juga memberikan tingkat likuiditas untuk memenuhi kebutuhan dana yang tinggi.

Reksa dana pendapatan tetap adalah jenis reksa dana yang akan menempatkan dana sekurang-kurangnya 80% dari dana investasi ke dalam efek yang memberikan pendapatan tetap. Biasanya investasi akan berlangsung antara satu sampai tiga tahun dan dana akan diinvestasikan pada obligasi atau produk keuangan yang memiliki risiko kerugian rendah.

Reksa dana pendapatan tetap bergantung pada perubahan suku bunga acuan bank Indonesia. Apabila rate bank Indonesia mengalami penurunan maka akan membuat harga obligasi mengalami kenaikan sehingga nilai reksa dana pendapatan tetap juga akan meningkat.

Reksa dana campuran menawarkan reksa dana yang menawarkan kombinasi investasi dalam berbagai instrumen. Dana akan di investasikan pada berbagai jenis reksa dana baik yang memiliki risiko rendah atau risiko tinggi.

Tujuan reksa dana campuran adalah untuk mendapatkan keuntungan dalam jangka panjang, namun keuntungan reksa dana campuran tidak setinggi keuntungan reksa dana saham. Reksa dana ini biasanya berlangsung antara tiga sampai lima tahun.

Reksa dana saham adalah jenis reksa dana yang memiliki keuntungan lebih tinggi daripada yang lain namun juga memiliki risiko yang paling tinggi. Menggunakan reksa dana jenis ini berarti Manajer Investasi akan menempatkan dana ke instrumen saham. Keuntungan reksa dana jenis ini tinggal karena pasar saham bersifat fluktuatif.

Cara Investasi Reksa Dana

Setelah Anda mengenal apa itu reksa dana dan menentukan jenis reksa dana yang akan Anda pilih. Anda juga harus mengetahui bagaimana cara melakukan investasi reksa dana. Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah melakukan transaksi namun transaksi reksa dana hanya bisa dilakukan pada hari bursa.

Syarat yang harus Anda bawa adalah KTP dan NPWP setelah itu Anda akan diminta mengisi formulir dengan tanda tangan asli. Semua dokumen itu akan diserahkan kepada manajer investasi dan nanti Anda akan diminta untuk menyetor dana ke rekening sesuai dengan jenis reksadana yang Anda pilih.

Setelah Anda mentransfer sejumlah dana maka transaksi akan diproses berdasarkan nilai aktiva bersih dan akan dipublikasikan pada media surat kabar atau online. Anda harus memperhatikan batas waktu penerimaan transaksi setiap harinya karena harga NBA akan berbeda.

Terakhir, jika Anda sudah melakukan transaksi maka Anda akan mendapatkan surat konfirmasi transaksi pembelian reksa dana yang di terbitkan oleh bank. Anda juga akan menerima laporan perkembangan dana setiap bulannya.

Mengenal apa itu reksa dana memang diperlukan sejak dini. Sehingga Anda bisa belajar bagaimana cara berinvestasi yang cerdas dan teliti. Jika Anda ingin berinvestasi reksa dana Anda bisa membuka website Maybank.co.id untuk mengetahui risiko dan keuntungan reksadana.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *