Lebih Gampang, Ini Cara Mengemudi Mobil Matic yang Benar

Apakah Anda sudah lama menyetir? Mobil tipe apa yang selama ini Anda setiri? Tipe manual? Yup! Ini memang tipe yang banyak dijumpai di lapangan. Namun, semakin berkembangnya teknologi saat ini memunculkan tipe mobil yang banyak disukai orang. Mobil matic. Cara mengemudi mobil matic sebenarnya lebih mudah dari manual, ini dia!

  1. Hidupkan Mesin

Langkah pertama yang bisa Anda ambil untuk mengendarai mobil matic adalah menghidupkan mesin. Namun, sebelum Anda menghidupkannya, pastikan tuas mobil sedang berada di posisi P atau Parkir atau simbol lainnya adalah N alias Netral. Perlu Anda tahu, mesin mobil matic baru bisa hidup bila mesinnya berada di tuas P atau N ini.

  1. Tunggu Sebentar

Apabila mesin sudah Anda hidupkan, jangan langsung dijalankan. Tunggulah sebentar sampai suhu mesin dan transmisi bisa tercapai maksimal secara otomatis. Sebab, percepatan dalam pemindahan transmisi otomatis biasanya belum bisa terjadi dengan sempurna bila suhu kerja belum normal dan maksimal.

  1. Jalankan Mobil

Setelah itu, jalankan mobil. Sebelumnya, pastikan bahwa pedal rem sudah ditekan sebelumnya dan And abisa menggeser tuas dari tuas P ke R dan N ke D. Hal ini harus Anda lakukan untuk menghindari terjadinya kerusakan mesin.

  1. Pastikan Tuas Berada di Posisi D untuk Berkendara Normal

Bila Anda sedang dalam mode berkendara normal atau kondisi jalanan baik, maka perhatikan tuasnya. Pastikan tuas sudah berada di posisi D yang berguna untuk melajukan mobil ke depan. Sedangkan bila jalanan yang Anda lalui menanjak, Anda perlu melakukan pergeseran tuas ke posisi 2 atau posisi 1 bila kondisi menanjaknya sangat ekstrem.

  1. Pilih Mode Ekonomis Bila Tersedia

Pada beberapa mobil model matic, Anda bisa memilih mode ekonomis. Cara mengendarai mobil matic dengan kondisi ini sangat pas untuk berkendara di jalanan perkotaan yang terkenal dengan macetnya. Oleh sebab itu, mode ini digunakan untuk menghemat bahan bakar dan bila Anda ingin berkendara dengan santai.

Bila Anda memilih mode ini, maka perpindahan percepatan akan otomatis berlangsung di awal perpindahan. Hanya saja, mobil juga akan memiliki kecepatan yang otomatis melambat. Sedangkan bila Anda mau berkendara dalam posisi cepat, Anda bisa memilih mode pengoperasian S atau sport.

  1. Menyalip dengan Kecepatan Tnggi

Di dalam mobil matic, Anda bisa menemukan sebuah tombol yakni tombol OD. Tombol ini berguna untuk membantu Anda dalam berakselerasi menggunakan gigi 3. Anda bisa menyalip mobil di depan yang melaju dalam kecepatan 60 sampai 80 km per jam. Tombol itu juga bisa digunakan bila Anda berkendara pada tanjakan dengan percepatan maksimal gigi 3.

  1. Mode Pengoperasian Manual

Namun, Anda juga bisa membawa mobil matic dalam mode pengoperasian manual. Ya! Ada beberapa mobil yang menyediakan fasilitas ini. Anda cukup memilih metode pengoperasian M atau Manual saja di kendaraan Anda sehingga Anda bisa menambah atau mengurangi kecepatan sesuai dengan keinginan.

Anda hanya perlu menggeser tuas ke posisi M dari awal atau saat mobl sedang dalam kecepatan yang tidak menentu. Anda bisa menggeser tuas ke posisi + untuk menambah gigi dan ke posisi – untuk mengurangi gigi.

Nah, itulah cara mengemudikan mobil matic yang sebenarnya lebih mudah dibanding mengendarai mobil manual. Hanya saja, bagi yang belum terbiasa akan terlihat susah. Namun, kalau Anda mau mencobanya, tak akan ada masalah karena pada dasarnya, memang lebih mudah dari mengendarai mobil manual, kok!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *