Keuntungan Olahraga Rutin di Bulan Puasa

Menjalani ibadah puasa bukan alasan untuk bermalas malasan. Tidak melakukan kegiatan fisik seperti berolahraga karena takut haus dan lemas saat menjalankan puasa bukan alasan. Annissa Munaf, Fitness Trainer pun menyebutkan untuk menghindari haus berlebih bisa melakukan olahraga menjelang waktu buka puasa. Minimal satu jam sebelum buka puasa.

“Sebenarnya olahraga pagi hari boleh aja tergantung olahragaapa, jangan terlalu capek karena kita kan gak konsumsi air putih. Pas mau buka puasa hajar banyak gakpapa,” tutur Annisa saat ditemui di Bincang Shoppe di Jakarta Selatan, Jumat (10/5/2019). Nissa menjelaskan berolahraga menjelang berbuka puasa akan memberikan hasil yang lebih maksimal. Alasannya, saat menjelang berbuka kondisi perut masih kosong sehingga mempercepat proses pembakaran dalam tubuh kemudian pembentukan tubuh juga menjadi lebih cepat.

“Waktu terbaik sebetulnya ada dua, satu jam sebelum buka puasa dimana perut masih kosong serta setelah olahraga ada satu jam penyesuaian jadi tubuh masih melalukan pembakaran,” kata Annissa. Kemudian dengan berolahraga akan meningkatkan stamina tubuh dan tubuh juga menjadi lebih segar terlebih jika olahraganya dilakukan secara rutin. “Jadi perbanyak juga makanan protein, tinggi serat agar pembakarannya membuahkan hasil yang maksimal,” tutur Annissa.

Di bulan puasa disarankan agar memilih jenis olahraga ringan saja saat berpuasa, bisa dengan melakukan gerakan push up, squat, atau mountain climbers, atau angkat beban. Selain gerakannnya mudah, bisa juga dilakukan di rumah tanpa perlu pergi ke pusat kebugaran. "Jenis olahraga puasa yang low impact aja, perbanyak gerakan pengulangan, saat agkat beban gak usah angkat satu kilo stegah kilo aja udah cocok kok,” pungkas Annissa.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *