Ketahui Dampak Serius dari Pasang Ring Piston Terbalik pada Motor

Walau sekilas terlihat sama, ring piston memiliki fungsi yang berbeda lho. Posisinya yang berada di badan piston ini memiliki fungsi yang penting dan setiap ring piston memiliki prinsip kerjanya masing masing. Lalu bagaimana bila saat memasang ring piston terbalik? Apa efek yang akan dirasakan bila dipasang terbalik?

Nah, semua ini dijawab oleh Hary mekanik handal dari Auto Clinic yang paham teknis soal ring piston. Dirinya menyebutkan bahwa fatal bila ring piston bila dipasang terbalik. "Saat memasang ring piston dan terbalik bahaya untuk mesin. Terutama pada ring kompresi satu dan ring kompresi dua yang terlihat sama namun sebenarnya berbeda," sebut Hary.

Untuk mengetahui perbedaanya tidak bisa hanya dilihat secara fisik, namun harus dirasakan. Ring piston kompresi satu memiliki radius di bagian diameter luar yang lebih halus bila dirasakan oleh tangan. Sementara untuk ring piston kompresi dua memiliki radius di bagian diameter luar yang lebih kasar dibanding ring piston kompresi satu.

Jad bila dirasakan oleh tangan sedikit lebih tajam. Nah, fungsinya ring piston kompresi satu harus minim friksi dengan liner silinder karena posisinya yang diatas dan terpapar suhu panas dari proses pembakaran. Sedangkan ring kompresi kedua dibuat lebih kasar bertujuan agar gas bakar yang lolos dari ring kompresi satu tidak bisa lolos dari ring kompresi dua.

Selain itu juga ring kompresi dua juga berperan menyapu oli berlebih yang menempel di liner silinder dan mambantu ring oli. Jadi bila terbalik kemungkinan liner silinder akan baret dan knalpot akan mengeluarkan asap putih atau ngebul. "Selain jangan terbalik, saat pemasangan ring piston nat nya tidak boleh sejajar. Nat itu adalah coakan ring piston, pastikan setiap ring piston terutama ring piston dan ring piston dua harus berjarak 120 derajat," beber mekanik yang bengkelnya beralamat di Harapan Indah, Bekasi.

Bila dipasang sejajar maka gas bakar akan lolos ke bagian bawah dan kompresi menjadi bocor. Berita ini sudah tayang di gridoto berjudul

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *