Ketahui 7 Hal Penting dalam Pengadaan Barang Sistem Dropship Ini

Teknologi saat sudah semakin canggih sehingga berbagai kebutuhan bisa dibeli secara online sesuai dengan bujet yang dimiliki. Proses penjualan barang dengan pihak marketplace pun tersedia dengan sistem dropship yang lebih praktis. Berikut ini hal penting yang perlu diketahui dalam pengadaan barang secara dropship.

  1. Nama Pengirim

Sistem dropship merupakan pengiriman barang yang dilakukan dengan menggunakan nama Anda selaku pengirim. Prosesnya terjadi dengan Anda meminta kepada seller atau supplier untuk mengirim barang yang telah di-order dengan menggunakan Anda kepada si penerima. Anda bisa menggunakan sistem ini untuk semua barang yang tersedia setelah pembayaran.

  1. Proses Penyelesaian Order-an

Jika pihak seller atau supplier sudah menyetujui sistem dropship yang diinginkan maka Anda tinggal melakukan proses pesanan. Anda perlu mengetahui pada tahap ini akan ada proses print shipping label pada bagian order list yang ditempelkan pada paket pesanan.

  1. Menyimpan Nomor Resi

Anda harus menyimpan nomor resi dari paket yang telah dikirim dengan sebaik-baiknya sebagai bukti pengiriman paket. Nomor resi tadi jangan lupa untuk dimasukkan di kolom AWB dari pesanan Anda dengan melakukan klik centang.

Anda dapat pula melakukan pengisian data dengan masuk ke menu order detail, lalu masukkan nomor resi dengan menekan tombol fulfill order. Tunggu proses loading sampai dengan status selesai atau berhasil muncul di akun.

Pastikan menu resi yang dimasukkan tidak salah. Jika terjadi kesalahan dalam proses input, bisa melakukan perubahan nomor resi. Anda tinggal masuk ke menu tab order. Klik bagian Airway Bill untuk memasukkan nomor yang benar. Periksa kembali nomor yang dimasukkan setelah mendapatkan notifikasi. Setelah selesai silahkan untuk menghubungi pihak blibli.com.

  1. Pantau Pengiriman

Mengingat berbagai hal tak terduga dapat saja terjadi pada proses pengiriman seperti kasus barang tidak sampai, maka lakukan pemantauan pengiriman. Tujuannya untuk segera menangani jika paket pesanan yang dikirim tidak kunjung sampai dari waktu yang diperkirakan.

  1. Biaya Ongkos Kirim

Dalam sistem pengadaan barang secara dropship ini biaya ongkos kirim ditanggung dulu oleh Anda selaku pengirim. Dana pengiriman biaya ongkos kirim nantinya akan diberikan di bulan selanjutnya. Dana ongkos kirim ini berbeda pengirimannya dengan dana pesanan barang yang dipesan oleh konsumen.

Dana pesanan akan masuk ke rekening Anda dalam 3 hari kerja terhitung setelah pembayaran dari konsumen. Anda harus tahu bahwa proses penyelesaian seluruh transaksi jual beli dengan Anda selaku pihak pengadaan akan berlangsung sebanyak 2 kali perbulan. Dana akan masuk setiap tanggal 15 ke rekening Anda.

  1. Pengiriman yang Digunakan

Khusus untuk sistem dropship hanya dapat menggunakan jasa pengiriman JNE. Jadi Anda perlu memastikan di wilayah penerima orderan tersedia jasa pengiriman JNE atau tidak agar tidak terjadi permasalahan dalam pengiriman barang.

  1. Batas Waktu Pengiriman

Sistem pengiriman barang dengan dropship hanya diberikan waktu maksimal 2 hari kerja setelah konsumen melakukan verifikasi pembayaran. Batas waktu pengiriman barang ini tidak dihitung jika hari sabtu, minggu, dan hari libur tanggal merah. Jadi pastikan Anda melakukan pengiriman tepat pada waktunya jangan sampai terjadi pembatalan pesanan.

Pengadaan barang dengan sistem dropship ini tidak berlaku untuk semua barang. Anda bisa mengunjungi toko blibli.com untuk mengetahui jenis produk yang dapat menggunakan sistem ini. Silahkan hubungi pihak call center untuk mendapatkan informasi lebih lengkap terkait sistem dropship agar lebih mudah untuk melakukannya.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *