Dewatering Konstruksi Sipil

Dewatering (pekerjaan pengeringan) adalah pekerjaan sipil yang bertujuan untuk dapat mengendalikan air (air tanah/permukaan) agar tidak mengganggu/menghambat proses pelaksanaan suatu pekerjaan konstruksi, terutama untuk pelaksanaan bagian struktur yang berada dalam tanah dan di bawah muka air tanah.

Pengaruh air tanah yang tidak dipertimbangkan pada proyek konstruksi dapat mengakibatkan suatu problem yang besar. Kondisi air tanah yang semula kurang diketahui atau tidak diperhitungkan, dapat mengubah proses pelaksanaan dan bahkan dapat mengubah desain struktur, dan terakhir akan mempengaruhi biaya keseluruhan bangunan.

Sering dijumpai, bahwa problem air tanah yang tidak diharapkan dapat menyebabkan terlambatnya penyelesaian proyek konstruksi, dan bahkan dapat mengakibatkan perubahan desain konstruksi secara drastis.

Agar dapat menghindari masalah-masalah di atas, kita harus dapat memahami dan mengerti hal-hal tentang air tanah.

Pada dasarnya ada 2 hal yang perlu diketahui tentang air tanah, ditinjau dari pengaruhnya terhadap proses pelaksanaan bangunan, yaitu:
Bagaimana air tersebut bergerak di dalam tanah sekitarnya.
Bagaimana pengaruh air tersebut terhadap tanah sekitarnya.
Dengan mempelajari kedua faktor pokok tersebut, kita dapat melakukan berbagai usaha untuk mencegah hal-hal yang tidak kita inginkan.

Istilah dewatering merujuk pada suatu cara yang dilakukan untuk membebaskan area konstruksi dari aliran air tanah. Tujuannya tak lain untuk menjaga kestabilan lereng galian dan menjaga area galian proyek tetap kering selama proses konstruksi. Lebih luas lagi, dewatering memberi banyak manfaat untuk pengerjaan proyek antara lain, memperbaiki kestabilan tanah, mencegah pengembungan tanah, mencegah perembesan, mencegah erosi buluh, dan mencegah resiko sand boil.

Jadi maksud dan tujuan Dewatering /pekerjaan pengeringan adalah untuk dapat mengendalikan air tanah, supaya tidak mengganggu /menghambat proses pelaksanaan suatu pekerjaan konstruksi bangunan sipil.

Metode yang dapat dipakai untuk pekerjaan dewatering antara lain:
> Open Pumping
> Predrainage
> Cut Off

Anda dapat menggunakan jasa dewatering tambang di sewatama yang memiliki pengalaman dan tim yang ahli serta handal. Dengan berbagai pengalaman tidak hanya jasa dewatering konstruksi, sewatama juga bepengalaman menangani dewatering industri pertambangan, petrokimia, kelautan, konstruksi dan properti.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *