Daftar Mainan Bayi untuk Rangsang Pertumbuhan Otak

Dengan karakter anak yang suka bermain, maka terciptalah mainan yang menghibur sekaligus mampu menjadi media untuk merangsang pertumbuhan si kecil. Baik dari segi kreativitas, sensorik, atau pun motorik. Jika Anda masih bingung mainan bayi jenis apa yang cocok untuk merangsang pertumbuhan otak si kecil, berikut daftar rekomendasi yang bisa Anda pilih.

Crib Mobile

Tentu mainan ini merupakan satu benda yang paling familiar di sekitar Anda. Ya, mainan putar yang biasa digantungkan di atas boks bayi ini ternyata mampu merangsang pertumbuhan otak si kecil. Karena mempunyai beragam bentuk, benda-benda ini membuat si kecil berimajinasi dengan benda-benda yang setiap saat ia hadapi.

Dalam memilih crib mobile, Anda harus memperhatikan warna dan bahan dari mainan tersebut. Disarankan untuk memilih bahan yang lembut seperti boneka berbentuk binatang dengan perpaduan warna kontras. Keberadaan lagu yang bisa diputar mengiringi mainan tersebut juga sangat membantu bayi untuk mengenali suara di sekitarnya.

Gambar Hitam Putih

Kemampuan bayi untuk mengenali warna tentu belum sebagus anak balita. Oleh karena itu sebaiknya Anda menempatkan kertas hitam putih dengan gambar sederhana untuk menarik perhatian si kecil. Tempatkan kertas tersebut di samping boks bayinya karena bayi cenderung menyukai mainan yang digantung.

Buku

Walaupun bayi belum mengerti, namun alangkah baiknya Anda menyediakan buku bergambar sebagai media bermain sambil belajar bagi si kecil. Sembari membuka lembar demi lembar buku, Anda bisa menceritakan isi dari buku tersebut. Selain membantu bayi mengolah motoriknya, ia juga akan merespon beragam informasi melalui selembar kertas.

Kebiasaan ini pun bisa Anda terapkan untuk membiasakannya membaca sejak kecil. Jika Anda khawatir bahan buku bisa menyakiti si kecil, kini tersedia buku dalam bentuk kain yang aman dan lembut saat disentuh. Pun bisa Anda cuci jika tidak sengaja terkena noda makanan.

Puzzle Ukuran Besar

Anda pun bisamelatih konsentrasi si kecil dengan puzzle ukuran besar yang tersedia dalam berbagai corak.  Mainan bayi yang satu ini sangat berguna untuk melatih tingkat konsentrasi si kecil serta membantunya dalam merangsang perkembangan memorinya.

Ketika ia akhirnya bisa menyelesaikan puzzle dengan benar, puji dan beri mereka apresiasi untuk meningkatkan kepercayaan diri dalam diri anak sejak dini. Anda bisa memberinya puzzle dengan pola yang lebih rumit ketika anak sudah mampu menyelesaikan satu pola dengan benar.

Bola Lunak

Bola merupakan satu jenis mainan ringan yang ternyata mampu merangsang perkembangan otak sang anak. Sebagai contoh, bayi belum menegrti konsep tentang gravitasi bahwa semua benda akan jatuh ke bawah. Dalam hal ini anak mempelajarinya ketika ia bermain dengan benda-benda di sekitarnya.

Mulanya Anda bisa memberikan bola berbahan lunak agar bisa dilempar tanpa menimbulkan kerusakan atau melukai si kecil. Ketika ia mulai tertarik untuk melempar bola yang memantul, maka ia akan mulai bereksperimen dengan berbagai benda yang ia temui selanjutnya.

Maka jangan heran apabila si kecil terus-terusan menjatuhkan apa pun yang sedang dipegang karena hal tersebut merupakan proses dari pembelajaran secara alami dan berguna untuk merangsang perkembangan otak lebih jauh dengan benda-benda di sekitarnya.

Dari semua daftar mainan bayi di atas, mana yang ingin Anda berikan terlebih dahulu pada si kecil?  Walaupun kecil, namun hal ini bisa menjadi sarana bagi Anda untuk berinteraksi dengan buah hati. Kunjungi jakmall.com untuk menemukan beragam mainan lainnya yang bisa Anda pilih. Terdapat pula perlengkapan hobi dan gadget untuk memenuhi kebutuhan Anda.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *