Cara Mengusir Lalat di Rumah secara Alami

Lalat menjadi hewan yang seringkali membuat kita risih bahkan bisa menjadi perantara untuk menyalurkan berbagai penyakit melalui makanan yang mereka hinggapi. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara mengusir lalat di rumah agar terhindar dari wabah penyakit yang dibawanya.

  • Menggunakan Tanaman Pengusir Serangga

Anda pasti sudah mengenal beberapa tanaman yang tidak disukai oleh lalat. Tanaman ini bisa Anda gunakan sebagai bahan untuk mengusir serangga, termasuk lalat. Anda bisa meletakkan tanaman tersebut di sudut ruangan di rumah. Dengan demikian, lalat tidak akan masuk ke dalam rumah.

Berbagai jenis tanaman bias Anda pilih, mulai dari lavender, tomat, kemangi, pandan, mint, salam, marigold dan lain sebagainya. Anda bisa menjadikan tanaman tersebut sebagai hiasan rumah. Jadi, selain dapat mengusir lalat yang mengganggu, tanaman tersebut juga bisa mempercantik tampilan rumah Anda.

  • Menggunakan Daun Pandan

Cara mengusir lalat di rumah yang lain adalah dengan menggunakan daun pandan. Seperti yang diketahui jika daun pandan merupakan salah satu tanaman yang dibenci oleh hewan sehingga Anda bisa menggunakannya. Daun pandan identik dengan warna hijau dan bentuknya yang panjang.

Sebagian besar dari kita mungkin lebih mengenal daun pandan sebagai bahan memasak yang bisa menciptakan aroma lezat dan menggiurkan. Mencium aroma pandan ini dapat meningkatkan nafsu makan kita, akan tetapi lalat justru benci dengan aroma dari daun pandan.

Cara mudah untuk mengusir lalat dengan daun pandan adalah dengan mengirisnya tipis-tipis dan kemudian simpan irisan tersebut pada suatu wadah, bisa piring atau mangkuk. Letakkan wadah tersebut di tempat-tempat yang banyak dihinggapi lalat, misalnya pada meja makan.

  • Menggunakan Cuka Apel

Cuka apel berasal dari fermentasi yang memiliki aroma cukup menarik bagi lalat. Banyak orang yang menggunakan cuka apel sebagai perangkap atau umpan lalat. Anda bisa menggunakan cuka apel untuk mengusir lalat yang ada di rumah. Cara pemakaiannya pun cukup mudah.

Pertama, siapkan air mineral bekas dan gunting bagian tengahnya untuk bisa diisi cuka apel hingga setengah botol. Tutup botol dengan kertas atau lapisan plastiak setelah diisi. Lalu, buat lubang kecil yang sekiranya bisa dimasuki lalat. Tempatkan botol tersebut di tempat yang banyak lalat.

  • Plastik yang Berisi Air

Anda pasti sering melihat plastik berisi air yang ada di warung-warung makan. Ternyata, plastik berisi air tersebut berguna untuk mengusir lalat. Anda tinggal mengisi plastik bening dengan air biasa dan kemudian digantung pada tempat yang terdapat banyak lalat.

Plastik bening berisi air ini akan mengelabuhi penglihatan lalat yang membuatnya tak fokus pada satu titik sehingga mereka akan memilih untuk pergi. Perlu diketahui jika lalat memiliki 3000-6000 mata pada tiap bulatan matanya sehingga ilusi mata yang diakibatkan plastik berisi air tersebut dapat membuatnya pergi.

  • Cahaya Lilin

Lalat bukan saja tidak suka dengan aroma wangi, seperti yang diciptakan daun panda. Lalat juga tidak suka dengan ruangan yang mengandung banyak asap. Oleh karena itu, Anda bisa meletakkan lilin di berbagai sudut rumah untuk menciptakan asap yang dibenci oleh lalat.

Asap, hawa api dan rasa panas dari lilin membuat lalat akan pergi dari ruangan tersebut. Cara ini sangat mudah dilakukan karena Anda hanya membutuhkan lilin dan korek untuk menyalakannya. Cara ini juga dianggap lebih efektif dan efisien karena cukup dengan menyalakannya saja, maka sudah bisa mengusir lalat.

Demikian cara mengusir lalat di rumah yang bisa Anda lakukan dengan berbagai cara alami ini. Jangan biarkan lalat membawa berbagai macam penyakit untuk keluarga tercinta Anda.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *