Cara Ampuh Merawat Motor Matic agar Awet dan Tahan Lama

Di Indonesia sendiri, tren menggunakan motor matic sudah cukup banyak baik di kalangan kaum hawa maupun kaum adam. Pada umumnya perawatan motor yang satu ini tidak jauh berbeda dengan motor bebek pada umumnya. Hanya saja Anda perlu memberikan perawatan khusus agar tetap awet dan tahan lama. Untuk itu pastikan Anda rutin melakukan hal berikut.

Rutin Panaskan Mesin Motor di Pagi Hari

Memanaskan mesin motor di pagi hari merupakan salah satu kegiatan rutin yang perlu Anda lakukan guna melumasi mesin agar performanya lebih maksimal. Untuk itu pastikan Anda selalu memanaskan kendaraan paling tidak 5 hingga 10 menit setiap paginya. Selain itu pastikan Anda menggunakan kickstater agar baterai dari motor tersebut dapat lebih awet.

Ganti Oli Mesin Secara Berkala

Poin yang satu in tergolong sangat penting untuk Anda lakukan. Pastikan Anda rutin mengganti oli setiap 1.000 km sekali atau maksimal ketika kendaraan sudah mencapai 5.000 km. Namun jika Anda lupa dengan acuan kilometer ini, ada baiknya Anda rutin mengganti oli mesin paling tidak setiap 2 hingga 3 bulan sekali. Jangan lupa gunakan oli yang sesuai dengan mesin motor.

Jangan Sampai Kehabisan Bensin

Dalam upaya menjaga motor matic agar tetap awet dan tahan lama, kebiasaan buruk yang paling sering dilakukan adalah kehabisan bensin. Padahal hal satu ini sangat penting untuk Anda hindari. Sebab kehabisan bensin justru akan membuat mesin motor menjadi rusak. Untuk itu usahakan jangan sampai motor Anda kehabisan bahan bakar agar tetap awet dan tahan lama.

Rutin Cek Kondisi Vanbelt dan Roler

Pentingnya mengecek kedua bagian ini merupakan salah satu kebiasaan yang tak boleh Anda tinggalkan. Pasalnya vanbelt biasanya terbuat dari bahan karet dan dikhawatirkan akan putus dan menyebabkan motor mati di tengah jalan. Jika Anda sudah mengalami kondisi harus menggantinya, pastikan Anda selalu menggunakan suku cadang yang asli.

Perawatan Aki yang Baik

Memang tak bisa dipungkiri bahwa tak mudah mengecek kondisi aki pada motor. Tak heran jika para pemilik motor yang satu ini pasti pernah mengalami masalah mati aki. Jika hal ini terjadi maka Anda akan kehilangan semua power kendaraan. Untuk itu sangat disarankan bagi Anda untuk rutin mengganti aki kendaraan paling tidak 7 hingga 8 bulan sekali.

Tak mudah untuk mengetahui kondisi aki yang berada pada motor matic, sehingga setiap

Stabilkan Kecepatan Gas

Hal yang paling sering dilakukan oleh pengguna motor yang satu ini adalah menurunkan kecepatan secara tiba-tiba ataupun sebaliknya. Namun tanpa disadari, hal yang satu ini ternyata hanya akan merusak masa umur mesin. Untuk itu pastikan Anda selalu menjaga kestabilan gas. Tak hanya akan merusak mesin kecepatan yang tidak stabil juga akan merusak vanbelt motor.

Ganti Oli Shockbreaker

Nyatanya oli tak hanya terdapat pada bagian mesin kendaraan saja, namun juga pada bagian shockbreaker. Untuk itu sangat penting bagi Anda untuk mengganti oli pada bagian tersebut. Hal ini bertujuan agar kondisi shock pada motor tetap berfungsi dengan normal. Untuk jadwal penggantian oli tersebut dapat dilakukan setiap 1.000 km sekali.

Servis Secara Rutin

Melakukan servis secara rutin juga merupakan salah satu hal yang perlu Anda lakukan agar kondisi kendaraan tetap terjaga. Pada umumnya rangkaian servis motor meliput pembersihan karburator, penggantian oli, hingga setting motor. Untuk itu sangat penting bagi Anda untuk melakukan servis secara rutin dan berkala setiap kurang lebih 3 bulan sekali.

Itulah beberapa tips merawat motor matic agar tetap awet dan tahan lama. Apa Anda juga pemilik jenis motor yang satu ini? Jika iya pastikan Anda selalu melakukan servis di bengkel resmi Yamaha dan menggunakan suku cadang asli dari Yamaha.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *