Antara Laptop dan Desktop, Mana yang Akan Jadi Pilihanmu?

Laptop adalah sebuah komputer jinjing yang semakin banyak diminati oleh konsumen, khususnya di Indonesia. Karena selain memiliki ukuran yang mudah dibawa kemana – mana, laptop juga memiliki pilihan model yang beragam dengan berbagai spesifikasi, desain yang variatif, harga yang sesuai dengan spesifikasi serta performa yang gahar.

Sementara jika berbicara mengenai Desktop PC atau biasa disebut dengan PC rakitan memiliki performa yang lebih bisa diandalkan daripada laptop dengan harga yang sama. Namun, kelemahan dari PC sendiri yaitu mobilitas yang kurang karena tidak praktis dan tidak bisa dibawa kemana – mana. Terkadang hal itu juga suka membuat kita bingung untuk memilih antara laptop atau desktop PC bukan?

Sebenarnya menentukan di antara keduanya tidak terlalu sulit sih, karena antara laptop dan desktop pc ini memiliki segmentasi yang berbeda. Nah, biar kamu tidak bingung lagi dalam memilih laptop atau desktop pc, Yuk kita coba mengenal kelebihan dan kekurangan dari masing – masing pilihan!

Kelebihan dan Kekurangan Dari Laptop

sumber : Shopee.co.id

Laptop dihadirkan dengan tujuan sederhana yaitu memiliki mobilitas yang lebih baik dan bijak.  Sisi positif dari laptop adalah kamu bisa membawa laptop kemana saja tanpa merasa khawatir akan daya listrik, karena laptop bisa menyimpan banyak kekuatan daya dalam beberapa jam kedepan. Selain itu kelebihan lain yang dimiliki laptop ada ukurannya yang ringan dan bentuknya kecil membuat orang semakin tertarik dengan fungsi laptop. Komputer portabel ini juga sangat cocok digunakan untuk orang yang memiliki mobilitas tinggi seperti bekerja dan kuliah.

Namun, dibalik keunggulannya yang efektif dan efisien, laptop juga memiliki kekurangan yang jarang disadari oleh banyak orang. Pertama, untuk laptop yang berada di kelas medium to-low tidak bisa melakukan pekerjaan dengan intensitas yang tinggi, seperti bermain game atau menonton video yang memiliki kapasitas besar. Lalu kekurangan lainnya adalah banyaknya komponen di laptop yang tida upgradeable. Jadi, untuk yang suka mengikuti perkembangan teknologi, ketika salah satu komponennya yang ketinggalan dengan teknologi baru maka kamu harus mengganti satu set komplit. Tentu hal ini sering memberatkan kamu bukan?

Kelebihan dan Kekurangan Desktop PC

sumber : Shopee.co.id

Dengan memiliki ukuran yang lebih besar, Desktop PC jelas punya keunggulan yang gak dimiliki laptop pada umumnya. Keunggulan yang dimiliki desktop pc adalah kita bebas menentukan berbagai komponen PC untuk bisa menyesuaikan budget dan kebutuhan kita. Jadi kita merancang sendiri PC yang disesuaikan dengan apa yang kita inginkan. Kelebihan lainnya dari desktop pc adalah kita akan lebih mudah untuk melakukan upgrade berbagai komponen terbaru. Umumnya, kalau kamu memilih PC yang memiliki tujuan khusus seperti untuk games,kita akan lebih mudah mengganti suatu komponennya sesuai dengan perkembangan game terbaru.

Sedangkan kekurangan dari PC pada umumnya adalah bentuknya yang besar dan tentu tidak bisa dibawa kemana – mana untuk orang – orang yang memiliki mobilitas tinggi.

Nah, setelah kita masing – masing punya kelebihan dan  perbedaan di atas baik antara desktop PC maupun laptop kekurangannya sendiri. Jika kamu seorang videografer, gamers kamu akan membutuhkan komputer yang lebih powerfull daripada laptop. Karena untuk mendapatkan laptop yang memiliki spesifikasi tinggi harganya cenderung sangat mahal. Namun jika kamu bukan seorang gamers dan hanya membutuhkan komputer yang memiliki  mobilitas tinggi, maka laptop adalah pilihan yang tepat buat kamu. Sekali lagi kamu hanya perlu memilihnya sesuai dengan kebutuhanmu.  Bagaimana? Sekarang kamu sudah tidak bingung lagi bukan untuk memilih laptop atau desktop PC?

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *