Alamat.com Go Online-kan 35.000 Bisnis Offline

– Selama ini, sektor jasa dan gaya hidup merupakan salah satu penggerak utama pertumbuhan ekonomi Indonesia, mulai dari restoran, kafe, salon, bengkel, tempat kebugaran, hingga spa. Namun, kebanyakan pelaku bisnis jasa dan gaya hidup ini memiliki kesulitan dalam memanfaatkan teknologi digital untuk pengembangan bisnis. Padahal, di era serba online seperti saat ini, konsumen membutuhkan informasi bisnis yang aktual dan dapat diakses kapan saja dan dari mana saja.

Berdasarkan data yang dihimpun Google berjudul “Year in Search 2018”, 68% konsumen Indonesia menggunakan smartphone untuk mencari informasi sebelum berbelanja sesuatu. Akibatnya, pola konsumsi turut meningkat. Dalam data tersebut disebutkan pula bahwa konsumen yang mengakses internet untuk referensi belanja menghabiskan biaya konsumsi 1,5 kali lipat dibandingkan konsumen offline .

Melihat momentum dan pola belanja ini, Daniel Cahyadi dan Michael Dihardja sepakat untuk mendirikan platform Alamat.com, yang bertujuan untuk menjembatani toko toko offline dengan para konsumen online Indonesia. “Kami menghimpun informasi lengkap tentang toko toko offline, kemudian menampilkan direktori ini untuk para konsumen, sehingga mereka bisa lebih mudah dan cepat menentukan layanan gaya hidup yang dibutuhkan. Sementara, pelaku UKM di bidang ini yang belum memiliki kehadiran online dapat terhubung dengan konsumen baru dan meningkatkan transaksi mereka,” kata Daniel, CEO dan co founder Alamat.com. Disebutkan saat ini di Alamat.com sudah terdaftar lebih dari 35.000 merchant dari kategori makanan & minuman, aktivitas & hiburan, kesehatan, kecantikan & gaya, jasa, edukasi, dan hewan peliharaan.

Tidak sekadar menampilkan direktori jasa & gaya hidup, Alamat.com juga menampilkan berbagai macam informasi lokal yang aktual dan terpercaya, seperti tempat ibadah, ATM, kantor pelayanan umum, taman publik, dan lain lain. Sehingga Alamat.com dapat menjadi tujuan utama para pengguna internet di Indonesia dalam memenuhi kebutuhan gaya hidup sehari hari. Dengan aplikasi yang mudah digunakan, pengguna Alamat.com dibantu dalam membuat keputusan terbaik sebelum mengunjungi sebuah layanan gaya hidup melalui informasi yang lengkap, seperti fasilitas yang tersedia, alternatif pembayaran online seperti kartu kredit, GO PAY, dan layanan e wallet lainnya, rating & review yang selalu ditinjau, serta promosi yang sedang berlangsung.

Untuk memikat konsumen baru dan menarik lebih banyak pengguna, Alamat.com juga akan mengembangkan program reward dan poin, sehingga hubungan konsumen dengan pemilik bisnis tetap terjaga secara jangka panjang. “Sebagai sebuah perusahaan, kami memiliki misi untuk membantu pertumbuhan bisnis UKM yang bergerak di sektor jasa dan gaya hidup agar dapat memberikan pelayanan terbaik bagi para konsumen, melalui kecanggihan teknologi. Kami percaya bahwa ekonomi digital di Indonesia harus dapat diakses secara merata,” kata Daniel. Sebelum memulai Alamat.com, Daniel telah berpengalaman selama tujuh tahun di perusahaan konsultan Accenture dan pernah menduduki posisi Industry Manager di Google selama tiga tahun.

Alamat.com memberikan pelayanan terpadu untuk semua kebutuhan promosi digital bagi UKM yang bergerak di sektor jasa dan gaya hidup. Platform yang baru diperkenalkan di bulan April 2019 ini memungkinkan pemilik bisnis untuk mengatur tampilan online, mempublikasikan penawaran online, dan melihat performa bisnis online dalam menjangkau target pasar bisnis mereka. Bagi pelaku bisnis yang tidak memiliki konten promosi berupa gambar dan/atau video yang menarik, Alamat.com juga memberikan pelayanan profesional pembuatan konten.

“Saat ini, lebih dari 3.000 pengguna mengandalkan Alamat.com untuk mencari rekomendasi tempat untuk dikunjungi tiap harinya,” ujar Michael Dihardja, co founder sekaligus CTO Alamat.com. Michael sendiri merupakan lulusan asal Amerika Serikat yang sudah membantu banyak bisnis di Silicon Valley mengembangkan produk teknologi mereka. Ia melanjutkan, “Versi Android sudah tersedia di Google Play Store dengan ukuran aplikasi yang kecil, sehingga tidak membebani kapasitas memori smartphone. Selain itu, Alamat.com juga dapat diakses melalui web browser.”

Untuk memperbesar visibilitas agar dapat ditemukan konsumen, Alamat.com juga dapat membantu pemilik bisnis gaya hidup dalam mengelola iklan digital melalui berbagai media. “Singkatnya, kami akan menjadi partner yang tepat untuk toko toko offline agar mereka bisa go digital dengan mudah, serta menjangkau konsumen yang tepat,” tambah Daniel. Berkat seluruh layanan tersebut sejumlah toko offline yang tergabung di Alamat.com berhasil mencatat angka pertumbuhan yang positif.

Kaizen yang menyediakan layanan potong rambut inovatif 10 menit di lebih dari 100 gerai contohnya, membukukan peningkatan penjualan. “Dari proyek pilot kami dengan Alamat.com, Kaizen berhasil menambah jumlah volume transaksi sebesar 20%,” jelas Jason Budiarto selaku General Manager Kaizen. Hal serupa juga disepakati oleh pemilik bisnis klinik gigi di Jakarta Barat, DentaVille, yang mengatakan bahwa cost per lead menjadi 60% lebih efisien berkat Alamat.com.

“Alamat.com telah menjadi salah satu sarana promosi yang berguna bagi bisnis kami,” ujar Andrew, perwakilan Japanese Artisan Bakery BreadLife. “Sebagai perusahaan baru, pendekatan hyperlocal Alamat.com mampu membantu menjawab kebutuhan pemasaran BreadLife dalam menarik pengunjung di area sekitar yang sedang mencari inspirasi konsumsi. Alhasil, bisnis kami pun mampu mencatat pertumbuhan bisnis yang sehat,” ujarnya. Daniel mengundang para pebisnis untuk ikut serta bergabung di Alamat.com untuk mulai memaksimalkan tren teknologi dalam meraih pelanggan.

“Alamat.com diciptakan untuk memajukan Indonesia lewat aktivitas pemasaran digital dengan pendekatan hyperlocal, sehingga visibilitas bisnis offline Anda akan lebih tinggi di mata pengunjung sekitarnya. Mari bergabung dengan Alamat.com lewat situs maupun aplikasi Android kami,” jelas Daniel.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *