8 Manfaat Belimbing Wuluh untuk Kesehatan: Sebagai Antioksidan hingga Turunkan Kolesterol

Belimbing sayur atau belimbing wuluh(Averrhoa bilimbi) banyak dijumpai di negara Asia yang dimanfaatkan sebagai kesehatan. Di banyak negara, terutama Filipina, keunggulan nutrisi dan kesehatan daribelimbing sayur sudahmenjadi rahasia umum. Belimbing sayurmemiliki banyak nutrisi.

Belimbing sayur memiliki banyak vitamin B, manfaat vitamin C , serat, fosfor dan zat besi. Selain itu, belimbing sayur juga biasa digunakan sebagai agen asam untuk memasak. Orang orang Filipina sangat sadar akan manfaat kesehatan yang dihasilkan dari belimbing sayur.

Orang orang di Filipina sebenarnya memanfaatkan buah untuk pengobatan alternatif untuk kondisi seperti peradangan atau demam. Belimbing sayur salah satunya dimanfaatkan untukvitamin C yang memberi manfaat paling besar bagi kesehatan. Meskipunbelimbing sayur tidak memiliki jumlah serat makanan tertinggi, buah ini masih mengandung serat makanan yang cukup untuk ditambahkan ke dalam makanan sehari hari seseorang.

Seiring bertambahnya usia, tulang dan gigi kita menjadi kurang padat dan kuat. Belimbing sayur adalah sumber alami manfaat kalsium, dan sebenarnyamengandung nutrisi paling menonjol di dalam buah. Selain itu, ada juga fosfor di dalambelimbing sayur untuk melengkapi kalsium dalam memperkuat tulang dan gigi.

Belimbing sayur memiliki kalori rendah, dan inilah yang membuat sangat aman untuk ngemil kapan saja dan di mana saja. Dagingbelimbing sayur yang renyah namun berair, menjadikannya sumber antioksidan yang efektif untuk menghilangkan radikal bebas, racun, sekaligus meningkatkan kekebalan tubuh. Selain itu juga ada zat sepertimangan, besi, dan fosfor adalah tiga jenis antioksidan utamanya.

Belimbing sayur mengandung selulosa, hemiselulosa dan pektin masing masing sebesar 60 persen, 27 persen dan 13 persen, yang merupakan jenis serat yang tidak larut. Mengkonsumsibelimbing sayur dalam jumlah yang cukup banyak mendukung kontrol glukosa darah melalui penyerapan glukosa, memperlambat difusi glukosa ke dalam aliran darah. Sejalan dengan poin di atas, serat yang tidak larut menurunkan jumlah kolesterol keseluruhan, yang dilakukan melalui penghilangan kolesterol dan lipid melalui limbah tubuh.

Belimbing sayur telah menemukan berbagai kegunaan kuliner di beberapa masakan Asia. Di Indonesia misalnya,belimbing sayur dapat digunakan sebagai pengganti tomat atau asam untuk rasa asam. Di TimurTengahsampai tingkat tertentu di Asia Selatan,belimbing sayur ditampilkan dalam kari.

Sementara di Filipina,belimbing sayur digunakan sebagai menu penambah untuk hidangan sehari hari lokal seperti sinigang, atau hanya dimakan mentah.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *