8 Langkah Mudah dalam Merawat Printer Inkjet

Sumber: Shopee.co.id

Printer inkjet merupakan printer yang memiliki harga relatif murah dan paling banyak dipakai untuk usaha kecil seperti warung internet atau yang biasa kita sebut dengan warnet. Printer ini juga memiliki tabung tinta yang berada di sisi luar sehingga dapat memudahkan pengisian ulang tinta tanpa memerlukan waktu yang lama. Saat ini pun sudah berbagai merek yang menyediakan model terbaru dari printer inkjet seperti Epson, Canon, Hewlett Packard (HP) dan banyak merek lainnya.

Tetapi setiap kelebihan ada pula kekurangan pada printer inkjet. Kekurangan printer ini ada pada kerusakan yang sering terjadi. Maka dari itu kami akan membahas tips-tips cara merawat printer inkjet agar tidak mudah rusak. Yuk, simak ulasannya berikut ini!

  1. Jangan biarkan  tinta di kepala cartridge sampai kering.

Karena jika kering akan terjadi penyumbatan pada head printer, usahakan gunakan secara periodik apabila kamu tidak menggunakan dengan jangka waktu yang lama minimal 2 bulan sekali lakukan proses test  printing pada printer kamu. Apabila tinta sudah tersumbat pada head cartridge lakukan pembersihan menggunakan head cleaning saat melakukan proses printing.  Head cleaning merupakan software yang sudah ada pada paket perangkat printer.

  1.     Bersihkan clean head printer

Untuk bisa mengoperasikan Clean Head printer pada umumnya sama, kamu hanya perlu masuk ke dalam dokumen yang ingin di print, lalu pilih Print,  kemudian pilih Properties pada pojok kanan atas. Setelah selesai pilih Maintenance. Selanjutnya maintenance akan ada banyak opsi yang bisa dipilih dan digunakan

  1. Bersihkan debu dan kotoran atau benda asing yang ada pada printer

Usahakan pada saat pembersihan hindari menggunakan lap basah karena dapat membuat printer menjadi konslet. Kamu bisa menggunakan kuas kecil atau vakum mini yang saat ini sudah banyak di jual di toko aksesoris laptop.

  1.   Jangan asal mencabut kabel printer yang tersambung pada listrik

Usahakan kamu mematikan tombol power pada printer. Karena head printer belum kembali ke posisi awalnya hal ini akan membuat umur printer menjadi pendek.

  1. Hindari kertas terlipat saat mencetak dokumen, akan berefek pada roller printer.
  2. Gunakan kertas tissue pada saat membersihkan bagian elektrik cartridge printer

Jangan sampai bagian cartridge tersebut tersentuh tangan langsung sebab bagian ini sangat sensitif pada kotoran yang menempel.

  1.    Jangan biarkan tinta pada botol sampai kosong

Karena tinta yang mengering akan menyumbat selang yang terhubung dan   menyebabkan tersumbatnya head cartridge.

  1. Jangan membongkar casing pada printer.

Terakhir, jika terjadi sesuatu pada printer kamu jangan langsung membongkarnya ya ! apalagi untuk kamu yang awam dengan perbaikan elektronik. Jika kamu penasaran, bawa saja printer ke jasa servis yang ahli dalam bidangnya.

Itu dia ulasan tips bagaimana cara mudah merawat printer di rumah. Jaga printer kamu sebaik mungkin, karena merawat lebih baik daripada membawa printer ke tukang service yang akan merogoh kocek kamu.

Tags:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *