5 Tips Membeli Mobil Lelang yang Aman

Mobil merupakan jenis kendaraan impian banyak orang yang menginginkan akomodasi pribadi super nyaman. Terbukti penjualan mobil baru di Indonesia masih mengalami peningkatan yang signifikan. Namun, sebagian besar orang lebih suka membeli mobil bekas dibandingkan mobil baru karena harga yang lebih murah. Tak hanya mobil bekas saja, mobil lelang memiliki peluang yang sama besar. Sebaiknya Anda memilih perusahaan transportasi yang berpengalaman dalam bidang penjualan mobil lelang.

Beli mobil lelang tanpa tertipu

Dewasa ini, penjualan mobil baru atau bekas dengan cara kredit bisa dinikmati siapa saja. Namun, ada debitur yang tidak mampu membayar cicilan per bulan sehingga pihak leasing menyita kendaraan tersebut. Demi mengembalikan kerugian, mobil sitaan dijual dengan harga yang lebih murah sesuai kesepakatan lelang. Supaya tidak tertipu penipuan mobil lelang, sebaiknya Anda memilih perusahaan transportasi yang bekerja dengan balai lelang resmi.

Yuk, coba terapkan tips aman beli mobil lelang tanpa khawatir tertipu berikut ini!

  1. Waktu

Perhatikan waktu sebelum tertarik untuk membeli mobil lelang yang murah dan berkualitas. Ada momen tertentu yang membuat penjualan mobil lelang lebih potensial untuk mendapatkan harga terbaik, misalnya tiga bulan setelah hari raya Idul Fitri. Biasanya banyak kreditur yang macet pembayaran cicilan setelah hari raya sehingga mobil disita pihak dealer atau leasing.

  1. Memperhatikan tempat lelang

Pastikan Anda memilih balai lelang yang kredibel dan memiliki cabang di berbagai kota besar. Tidak semua balai lelang memiliki kantor cabang di kota-kota Indonesia, lho! Tidak ada salahnya untuk mencari informasi detail terkait penjualan mobil lelang oleh balai lelang resmi.

  1. Teliti sebelum memilih

Mungkin ada banyak mobil lelang yang ditawarkan kepada peserta lelang mulai harga termurah hingga kelas atas. Tim lelang memberikan kesempatan untuk peminat melihat kondisi mobil sebelum hari pelelangan tiba. Umumnya peserta bisa melihat kondisi mobil 3-5 hari jelang hari H.

Manfaatkan kesempatan tersebut untuk meneliti setiap bagian mobil dari sisi eksterior, interior, performa mesin, dan lain-lain. Tidak ada salahnya untuk mengajak teman yang pandai permesinan untuk mengecek kondisi mobil terbaik yang Anda minati nanti.

  1. Membandingkan harga pasar

Jangan terburu nafsu untuk segera mengajukan harga lelang yang tinggi. Anda bisa saja menyesal setelah mendapatkan harga lelang tersebut. Anda wajib tetap berpikiran jernih dan tenang saat ada peserta yang mengajukan harga lebih tinggi. Bukan hal yang asing bahwa ada oknum yang aktif memberikan penawaran yang bisa menghancurkan harga.

Sebaiknya Anda memiliki informasi akurat terkait harga pasaran mobil yang dilelang. Harga pasaran menjadi patokan agar Anda mendapatkan harga lelang yang kompetitif. Situasi yang tidak kondusif bisa membuat Anda terbawa pengaruh memberikan harga lebih tinggi. Jadi, pelajari situasi pelelangan agar Anda tidak mudah terbawa suasana ya!

  1. Mengecek kondisi mobil

Tidak semua mobil lelang dalam kondisi yang bagus sehingga Anda harus selektif dan hati-hati dalam melakukan penawaran. Jangan lupa untuk mengecek kondisi mobil yang Anda menangkan di bengkel terpercaya. Cek kembali bagian setiap mesin mobil agar Anda bisa mengemudikan mobil dengan maksimal tanpa kendala teknis, ya!

Beberapa tips membeli mobil lelang wajib Anda terapkan agar bisa mendapatkan kendaraan pribadi terbaik. Membeli mobil lelang di tempat terpercaya bisa meminimalisir risiko Anda terkena penipuan. Perusahaan transportasi yang menjual mobil lelang dengan harga terbaik yang bisa menjadi solusi permasalahan akomodasi pribadi Anda. Yuk, miliki mobil favorit dengan memanfaatkan pelelangan mobil yang berkualitas dan resmi!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *