5 Hal Ini Bisa Sebabkan Gusi Bengkak, Hindrai Sebelum Terlambat!

Tak hanya sakit gigi, gusi bengkak juga menjadi masalah kesehatan mulut yang cukup mengganggu. Gusi bengkak tentu menjadi permasalahan yang membuat kita merasa tak nyaman, terlebih saat makan. Bahkan, terkadang gusi bengkak juga bisa disertai gusi berdarah.

Pengobatan yang dilakukan untuk menyembuhkan gusi bengkak tentu saja cukup memakan waktu. Sementara kita harus menahan sakit itu hingga pengobatan yang kita jalani mampu menyembuhkan gusi bengkak. Maka dari itu, jangan sampai kita mengalaminya ya!

Agar tak mengalami gusi bengkak, kenali dulu 5 hal yang bisa menyebabkan gusi bengkak ini! Setelah selesai makan, kita harus membersihkan gigi, ya! Jika tidak, sisa makanan yang menempel di mulut akan dijadikan plak oleh bakteri. Plak pada gigi biasanya berwarna kekuningan. Jika terus dibiarkan, plak yang menumpuk akan masuk ke dalam gusi dan menyebabkan gusi bengkak atau peradangan.

Plak yang menumpuk juga bisa berubah menjadi tartar atau karang gigi, lo. Sebuah plak akan berubah menjadi tartar/karang gigi dalam waktu tertentu (lebih dari 10 hari). Tartar biasanya terbentuk di sela sela gigi yang sulit terjangkau saat dibersihkan. Benda kecil di dalam mulut ini juga bisa menyebabkan gusi bengkak, lo. Ternyata, gusi bengkak juga bisa disebabkan oleh iritasi terhadap pasta gigi, makanan, obat obatan, hingga kawat gigi.

Tapi, beberapa orang sering kali tidak menyadari iritasi yang mereka alami. Gejala iritasi ini biasanya ditandai dengan pembengkakan dan gusi yang berwarna kemerahan. Beberapa makanan biasanya masuk ke bawah gusi atau tertinggal di sela sela gigi. Pop corn dan serat daging merupakan dua jenis makanan yang selalu tejebak di bawah gusi. Jika terus dibiarkan, sisa makanan itu bisa menyebabkan pembengkakan. Biasanya, pembengkakan akan berakhir setelah sisa makanan diangkat atau dibersihkan.

Gigi yang meregang atau diperbaiki dengan cara yang salah, bisa membuat makanan terjebak dengan mudah di sela sela gigi. Seperti kita tahu, sisa makanan yang tidak dibersihkan akan berubah menjadi penyebab gusi bengkak. O iya, gigi palsu yang tidak pas juga bisa menyebabkan gusi bengkak dan luka, lo. Menyikat gigi sudah rutin, plak gigi selalu dibersihkan, dan pemeriksaan gigi juga dilakukan dengan teratur. Tapi, kenapa masih terjadi pembengkakan gusi?

Jika hal itu terjadi kepada kamu, maka periksalah obat obatan yang kamu konsumsi. Kenapa? Beberapa obat, seperti obat menurunkan tekanan darah tinggi, bisa menyebabkan pertumbuhan berlebih dari jaringan gusi. Hal itu membuat gusi terlihat bengkak. 1. Makan buah, sayur, dan protein secara seimbang.

2. Kurangi atau hindari makanan dan minuman manis. 3. Hindari penggunaan obat kumur yang terlalu keras. 4. Jika pasta gigi yang kita gunakan menyebabkan gusi bengkak, segeralah ganti pasta gigi.

5. Sikat gigi secara teratur, jangan lupa untuk membersihkan sela sela gigi menggunakan benang gigi. 6. Periksa kesehatan gigi kita secara rutin, setidaknya enam bulan sekali. 7. Jika pembengkakan pada gusi terjadi cukup lama (sekitar dua minggu), maka segera berkonsultasi dengan dokter.

Nah, Teman teman, itulah beberapa hal penyebab gusi bengkak.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *