5 Cara Cerdas Menyampaikan Opini ke Hadapan Umum

Pernahkah Anda merasa memiliki suatu opini yang sepertinya baik namun tidak mampu bahkan tak punya keberanian untuk mengungkapkan karena banyak alasan? Salah satunya, mungkin adalah takut salah? Tenang, ada cara cerdas menyampaikan opini yang bisa Anda terapkan, misalnya lewat opini.id. Nah, bagaimana cara menyampaikan opini yang tepat?

  1. Pikirkan Terlebih Dulu Pendapat yang Akan Disampaikan

Sebelum Anda mengeluarkan opini, baiknya Anda pikirkan dulu apa yang Anda sampaikan termasuk dampak dari ucapan atau tulisan Anda itu. Bisa saja, pendapat yang Anda berikan malah merugikan diri sendiri dan juga orang lain karena Anda asal nyebut saja tanpa memikirkan apa yang akan disampaikan.

  1. Memulai Argumen dengan Bukti yang Kredibel

Masih berhubungan dengan memikirkan lebih dulu pendapat yang akan disampaikan, baiknya Anda mulai menyampaikan pendapat dan argumen disertai dengan bukti yang dapat dipertanggungjawabkan. Berikan contoh yang mendukung opini yang Anda sampaikan dan kalau bisa, kutip fakta yang akan membawa orang masuk ke hal yang Anda jelaskan.

Anda bisa memulai argumen dengn kata menurut pendapat saya, berdasarkan pandangan saya, selama saya perhatikan dan lain sebagainya. Untuk membangun argumen yang kuat itu, menurut Gale Carnegie, Anda harus mengikuti prinsip DEFEATS yakni deminstration atau argumen Anda didemonstrasikan di depan umum.

Lalu, berikan examples atau contoh nyata seperti foto atau video mengenai kejadian yang Anda sampaikan. Lalu, facts. Gunakan fakta yang bisa diverifikasi kebenarannya dan kalau bisa yang sudah tak bisa diperdebatkan lagi. Jangan lupa ikutkan juga exhibits yakni cobalah lakukan percobaan atas sesuatu yang ingin Anda buktikan.

Lalu, masukkan juga analogies yakni perbandingan secara analogi sehingga lawan bicara Anda bisa mengerti apa yang akan Anda sampaikan. Masukkan juga testimonials dari pihak ketika terkait apa yang Anda sampaikan dan masukkan pula statistics yakni contoh pasti. Anda bisa menggunakan kerangka ini baik dalam tulisan atau ucapan seperti di opini.id.

  1. Buat Hubungan Analogi dengan Opini yang Jelas

Jika Anda sudah mengutip suatu fakta atau menganalogikan sesuatu, pastikan hal itu terkait jelas dengan opni yang akan Anda berikan. Bandingkan sesuatu dengan yang memiliki takaran yang sama atau apple to apple dan jangan membandingkan sesuatu dengan hal yang berada setingkat di atasnya atau apple to banana.

  1. Utarakanlah Pendapat Anda

Jika sudah, Anda bisa memulai mengemukakan pendapat Anda. Sampaikan hingga lawan bicara Anda mengerti apa yang Anda maksud dengan pengandaian yang Anda buat. Banyak kalimat yang bisa Anda gunakan untuk mendukung opini yang disampaikan misalnya pernyataan persetujuan, tidak menyetujui atau memiliki sesuatu baru untuk disampaikan.

Beberapa contoh kalimat yang bisa Anda gunakan dalam mengemukakan pendapat itu adalah saya setuju, poin yang sangat bai, itu sangat benar, saya rasa demikian, saya rasa tidak demikian, tentu tidak, maka dari itu, saya percaya dan masih banyak lagi.

  1. Tetap Dalam Batas Kesopanan dan Tidak Menyinggung SARA

Selain itu, pastikan Anda tetap berada di batasan kesopanan dan tidak menyinggung SARA. Jika hal ini Anda lakukan, tentu Anda akan melanggar etika yang ada dan ini dikhawatirkan akan merusak opini publik yang dibentuk.

Nah, itulah cara mudah dan cerdas dalam mengemukakan pendapat yang bisa Anda terapkan. Tidak begitu sulit asal Anda memahami apa yang Anda sampaikan tersebut. Bila Anda mau memulai beropini dengan tulisan, Anda bisa memulainya di opini.id dengan cara yang mudah.

 

Tags:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *