4 Penyebab Anda Harus Operasi Total Knee Replacement

Anda sering merasa kesulitan untuk berdiri setelah duduk? Jika lutut Anda sering nyeri dan sakitnya tak bisa hilang setelah minum obat, segera pergi ke dokter ortopedi. Lutut akan di-rontgent, jika rusak parah, maka perlu dioperasi total knee replacement (diganti total). Jangan takut akan biaya operasi tkr, bisa diganti oleh asuransi. Ini penyebab Anda harus dioperasi.

  1. Obesitas

Salah satu penyebab nyeri sendi adalah obesitas. Waspadalah jika berat badan Anda lebih dari 15 kg dari berat ideal. Anda juga bisa mengukurnya dengan indeks tubuh (BMI=body mass index). Jika angkanya di atas 23, maka harus mengatur pola makan. Kurangi konsumsi karbohidrat, gorengan, dan camilan manis. Ganti dengan makan buah-buahan segar.

Jika Anda sudah berdiet, imbangi dengan olahraga. Jangan jogging atau loncat tali, karena akan memperparah sakit di sendi. Pilih olahraga low impact seperti berenang, yoga, atau pilates. Kombinasi antara olahraga dan mengatur pola makan akan menurunkan berat badan perlahan-lahan, dan nyeri di lutut akan berkurang, karena bobot yang ditahan juga mengecil.

  1. Kecelakaan

Saat mengalami kecelakaan, bagian kaki Anda terluka dan lututnya harus dioperasi. Biaya operasi tkr memang lumayan mahal, tapi masih bisa di-cover oleh asuransi. Jangan takut untuk dioperasi, karena para dokter ingin Anda sehat dan beraktivitas lagi. Walau mengalami kecelakaan dan harus dioperasi, Anda nanti bisa pulih kembali.

  1. Cedera Berat

Cedera berat saat berolahraga, seperti basket, sepakbola atau bulu tangkis, membuat lutut jadi terluka. Rasa sakit pasca cedera susah hilang, walau sudah dikompres dan diberi obat penahan sakit. Ternyata penyebab sakitnya bukan otot yang sobek, tapi posisi lutut bergeser. Anda tak bisa berjalan karena sendi kaki rusak.

Jika lutut terus-terusan cedera berat, maka harus dioperasi total knee replacement atau diganti sepenuhnya dengan lutut protetis. Lutut buatan itu terbuat dari plastik khusus dan logam. Jangan khawatir, walau lutut protetis terbuat dari logam, tapi anti karat. Jagalah kondisi Anda pasca operasi, jangan sampai cedera lagi.

  1. Osteoarthritis

Osteoarthritis alias nyeri sendi juga bisa jadi penyebab operasi penggantian lutut. Jika nyeri sendi Anda makin parah dan Anda susah berjalan, walau memakai dekker, maka konsultasi pada dokter ortopedi. Jika nyeri sendi makin parah dan membuat aktivitas Anda terganggu, maka lutut harus dioperasi. Biaya operasi ini bisa puluhan juta, tapi masih di-cover oleh asuransi.

Lutut yang nyeri dan rusak parah harus dioperasi total knee replacement. Anda bisa merasa seakan hidup kembali, setelah mendapat lutut baru. Pasca operasi, Anda bisa berjalan lagi setelah beberapa hari jagalah baik-baik lutut baru Anda, jangan sampai cedera lagi dan harus dioperasi ulang. Hati-hati saat menyetir agar tidak terjadi kecelakaan yang bisa menyebabkan operasi.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *