11 Manfaat Tak Biasa Buah Manggis: Cegah Jerawat, Turunkan BB hingga Hindari Penyakit Jantung

Buah manggis menjadi salah satu buah di dataran tropis yang cukup digemar. Buah dengan warna kulit ungu tua kecoklatan ini banyak tumbuh di Indonesia, Thailand, Malaysia, Filipina, dan beberapa bagian di India dan Srilanka. Secara botani, manggis dikenal sebagai Garcinia mangostana.

Bagian dalam buah mengandung 4 10 bubur putih salju, berdaging, dan lunak yang tersusun dalam segmen segitiga seperti jeruk. Manggis dikenal dengan banyak manfaat kesehatan. Buah ini memiliki sifat anti kanker, anti peradangan, antioksidan, astringent, dan antibakteri dan juga sarat dengan banyak mineral dan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh kita.

Manggis adalah pembangkit tenaga antioksidan karena mengandung nutrisi antioksidan penting seperti folat dan vitamin C. Buah ini juga mengandung xanthones, senyawa tanaman unik dengan sifat antioksidan kuat yang membantu meminimalkan stres oksidatif dalam tubuh. Xanthones antioksidan dan vitamin C yang ditemukan dalam manggis membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Xanthones melawan radikal bebas sementara vitamin C meningkatkan produksi sel darah putih dalam tubuh. Manggis kaya akan mineral seperti tembaga, magnesium, kalium, dan mangan yang membantu mengatur tekanan darah untuk meningkatkan kesehatan jantung. Buah ini juga membantu mencegah timbulnya masalah kardiovaskular lainnya seperti serangan jantung.

Xanthone dan kandungan serat yang tinggi pada manggis mencegah risiko beberapa gangguan yang disebabkan oleh peradangan seperti asma, hepatitis, alergi, cedera, pilek, dan lainnya. Sifat antioksidan dari buah mencegah kulit dari kerusakan radiasi ultraviolet. Juga, vitamin C dan properti anti mikroba dari manggis membantu mengobati jerawat, memberikan kilau alami pada kulit.

Kandungan serat makanan yang tinggi dalam buah keunguan ini membantu meringankan sembelit. Selain itu, kulit buahnya efektif dalam mengobati diare dan masalah disentri dengan meningkatkan asupan prebiotik. Buah berair ini adalah buah dengan serat tinggi, rendah kalori, nol lemak jenuh, dan nol kolesterol.

Semua sifat ini menjadikan manggis sebagai makanan kaya serat makanan sehat yang dapat membantu dalam pengelolaan berat badan. Asupan manggis harian adalah efisien dalam mengurangi resistensi insulin dalam tubuh karena kehadiran xanthones dalam buah. Juga, kandungan serat membantu dalam menstabilkan gula darah dan mengelola diabetes.

Ditegaskan bahwa, antioksidan kuat dan sifat anti inflamasi manggis membantu melawan sel kanker dan menghambat pertumbuhannya terutama di jaringan perut, payudara dan paru paru. Namun, tidak ada bukti yang cukup tentang hal ini. Tingginya jumlah vitamin dan mineral penting dalam manggis membantu mempercepat penyembuhan luka.

Kulit dan daun pohon digunakan dalam membuat obat untuk luka karena pemulihan properti yang lebih cepat. Nutrisi manggis membantu membuat menstruasi teratur pada wanita dan memudahkan gejala yang berkaitan dengan pra menstruasi. Buah ini digunakan sebagian besar di Indonesia untuk mengobati masalah terkait menstruasi.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *