Trik Tepat untuk Memilih Road Bike Terbaik Bagi Keperluan Balapan

Kebutuhan akan alat transportasi memang di dunia yang serba dinamis ini bisa dibilang semakin tinggi. Alasannya tentu saja karena masyarakat cenderung ingin perangkat yang bisa membuat segala hal bisa bergerak cepat. Sepeda dulu menjadi alat transportasi yang amat diandalkan. Meski demikian hal ini sudah berbeda dengan saat ini karena sepeda cenderung lebih kerap dipakai untuk olahraga saja karena alat transportasi sudah dipilih yang bermesin. Road bikemenjadi salah satu jenis sepeda yang laris manis di pasaran karena biasa dipakai balapan.

Mungkin banyak yang berfikir jika sepeda balap hanya bisa dipakai oleh para pembalap sepeda saja. Namun sebetulnya tidak selalu demikian karena sepeda balap bisa dipakai oleh siapa saja. Untuk bisa memilih sepeda balap dengan lebih mudah, maka berikut ini beberapa tips memilih sepeda balap terbaik:

  • Pilih tipe yang sesuai kebutuhan

Untuk jenis sepeda balap di pasaran sendiri sudah ada banyak sekali jenisnya. Berikut ini beberapa jenis sepeda balap:

 

  • Untuk jenis sepeda balap pertama yakni tipe balapan dimana sepeda balap ini memfokuskan di bobotnya yang ringan dan juga kemampuannya dalam beroperasi. Alasannya, tipe ini memang didesain dipakai balapan. Ciri khasnya adalah dengan bobot yang ringan dan juga kemampuannya dalam mengoperasikan yang tinggi.
  • Tipe sepeda balap kedua yakni tipe untuk pesepeda jarak jauh dimana untuk tipe ini sepedanya lebih memfokuskan pada stabil dan nyamannya sepeda bagi pengendaranya. Tipe sepeda balap ini biasanya kerap dipakai untuk kebutuhan touring dengan panjang 50 sampai 100 km. Jika dibandingkan dengan sepeda balap tipe untuk balapan, tipe ini sudah lengkap dengan komponen yang mampu meredam guncangan.
  • Jenis sepeda balap terakhir adalah tipe universal dimana tipe ini bisa dipakai untuk bersepeda untuk perkotaan hingga off road. Ciri khas sepeda balap universal yakni dengan postur tubuh maju ke depan jika bersepeda bagi para pengendaranya.

 

  • Perhatikan pemilihan frame

Jika sudah paham dengan beberapa jenis road bike, maka Anda pun harus memperhatikan juga terkait dengan frame dan juga bagian komponen sepeda balap. Untuk komponen yang tak bisa dilepaskan adalah dari bagian rangkanya. Untuk bagian rangka, poinnya adalah dari segi bahan bakunya. Untuk material pada sepeda balap biasanya adalah dari alumunium, shromoly dan juga karbon. Untuk material frame karbon biasanya dihargai dengan angka yang sangat tinggi hingga puluhan juta.

  • Perhitungkan kebutuhan perlengkapan lainnya

Tak hanya membutuhkan sepeda balap saja, namun demi keamanan dan keselamatan, maka Anda juga butuh perlengkapan sepeda lainnya mulai dari pedal, lampu hingga helm. Tentu untuk memiliki semua perlengkapan sepeda secara lengkap, maka Anda juga butuh uang tambahan sehingga Anda harus memperhitungkannya kembali.

  • Uji coba

Untuk bisa memastikan bahwa sepeda balap itu cocok untuk Anda, maka jangan sungkan untuk mencoba sepeda balap itu saat ada di tokonya. Anda akan bisa mengetahui apakah ukuran dari sepeda balap itu pas atau tidak bagi tubuh Anda, kenyamanan dan bagian lainnya secara lebih detil.

Itulah beberapa trik yang bisa Anda pertimbangkan jika sedang mencari road bike terbaik. Sebetulnya untuk memiliki sepeda balap terbaik, tak melulu harga yang mahal saja namun sebetulnya dari ketelitian dan kenyamanan penggunaan. Untuk memperbanyak referensi, maka Anda bisa cek lewat situs belanja online.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *