Review OPPO F7: Kamera Maksimal Buat Yang Hobi Selfie

Halo sobat tekno…! kali ini saya akan membagikan info mengenai review smartphone terbaru yaitu OPPO F7. Setelah beberapa saat menerima ponsel OPPO F7, saya dengan tidak sabar segera membuka kemasan dan langsung mencobanya. Kebetulan, smartphone OPPO F7 yang saya dapatkan berwarna merah, terlihat sangat menarik dengan warnanya yang terang.

Ada beberapa bagian yang menjadi fokus saya dalam memberikan review produk ini, seperti desain, kualitas kamera dan juga performanya. Jadi, bagi kamu yang tertarik ingin memiliki OPPO F7, bisa terlebih dahulu mengetahui bagaimana ponsel ini melalui review yang saya berikan. Yuk simak!

1.       Teknologi AI

Salah satu yang menurut saya menonjol dari OPPO F7 adalah adanya teknologi AI (Artificial Intelligence), meski teknologi ini sudah ada sebelumnya di OPPO F5, namun pada smartphone terbaru ini disematkan beberapa fitur yang lebih sempurna. Teknologi AI kini telah menjadi semacam trend di kalangan smartphone kelas high-end. Bagi yang masih awam mengenai teknologi buatan yang canggih ini, mungkin akan bertanya-tanya apa saja kelebihan atau keunggulan ponsel dengan adanya teknologi AI. Well, untuk itu saya akan bahas sedikit mengenai kecanggihan teknologi AI yang disematkan pada ponsel.

  • Fokus Objek

Bagi pecinta fotografi, dengan adanya teknologi AI ini akan sangat terbantu sekali, pasalnya kehadiran teknologi AI mampu membuat fokus objek jadi lebih tajam. Entah apakah objek foto tersebut berupa bunga, orang atau pemandangan yang diambil secara landscape, hasilnya tetap bagus. Tidak hanya itu, Teknologi AI juga mampu memberikan hasil foto bokeh layaknya kamera digital. Wah seru bangetkan?!

  • Praktis Saat Digunakan Harian

Kecanggihan dari teknologi AI lainnya ialah mampu membaca kebiasaan si pemakai sehingga sangat praktis digunakan dalam sehari-hari. Beberapa diantara kebiasaan yang dapat dibaca oleh ponsel berteknologi AI ialah pengaktifan nada dering, penutupan aplikasi yang aktif pada backgroundserta efek kamera apa yang sering digunakan oleh pengguna.

  • Mampu Mengenali Objek

OPPO F7 yang mengusung “Selfie Expert and Leader” tentunya akan sangat memperhatikan kualitas kamera. Untuk itulah teknologi AI dibenamkan, berkat adanya teknologi ini kamera jadi mampu mengenali objek lebih detail seperti warna kulit,usia dan jenis kelamin pengguna.

 

2.       Kamera

Demi kepuasaan pengguna, OPPOmenghadirkan berbagai fitur yang lebih sempurna pada OPPO F7 dibandingkan pendahulunya yaitu OPPO F5. Untuk kamera depannya, OPPO F7 dibekali dengan resolusi 25 MP lengkap dengan tambahan sensor Sony IMX576 dan bukaan f/2.0, sedangkan pada bagian belakangnya 16 MP dengan bukaan f/1.8. Beragam fitur pada kamera membuat hasil foto benar-benar memuaskan, seperti adanya AI Beauty 2.0 yang dapat mengenali detail objek, misalnya jika pengguna berjenis kelamin perempuan, maka kamera akan membuat tampilan objek jadi lebih feminim, begitu pula sebaliknya, jika yang menggunakan laki-laki maka akan tampak maskulin. Keren kan?!

Untuk lebih jelasnya, kamu bisa melihat hasil jepretan menggunakan kamera OPPO F7 berikut ini:

Foto

                    

Tidak cukup hanya sampai disitu, dengan adanya teknologi AI, hasil jepretan bisa dibuat dengan efek bokeh atau dalam istilah fotografi latar belakangnya dibuat buram sehingga objek yang dituju jadi lebih fokus.Pada bagian Vivid Mode, foto dapat dibuat lebih kontras dengan peningkatan saturasi warna.

Nah, bagi yang hobi menambahkan stiker saat selfie, OPPO F7 dilengkapi dengan fitur AR Sticker yang membuat pengguna bisa menambahkan berbagai stiker lucu ketika mengambil foto. Canggihnya lagi, pengguna tidak harus menghadapkan wajah sendiri untuk bisa menggunakan fitur ini, saat foto bareng-bareng temanpun bisa ko’!

Berdasarkan hasil uji coba jepret menggunakan OPPO F7, dengan adanya pencahayaan yang cukup, baik di luar maupun dalam ruangan, hasilnya tergolong baik dan tetap OK. Namun saat foto dilakukan pada kondisi yang minim cahaya atau redup, hasil foto memang sedikit noise, terlebih jika jepretan di buat zoom.

3.       Desain

Secara tampilan desain, OPPO F7 tidak jauh berbeda dengan OPPO F5 serta masih menampilkan kesan simple dan elegan. OPPO F7 dilempar ke pasaran dengan 3 pilihan warna yaitu solar red (merah), moonlight silver (silver), diamond black (hitam). Desainnya yang simple dengan bahanpolikarbonat pada bagian belakang membuat ponsel ini terasa nyaman dan ringan saat dalam genggaman. Pada bagian depan, didominasi oleh layar berdesain poni dimana pada bagian ini terdapat bagian sensor, kamera dan speaker telepon.

Body OPPO F7 yang ramping semakin tampak menarik karena minim tombol, hanya ada tombol power dibagian kanan serta tempat slot memory card dan SIM. Sedangkan pada bagian kiri terdapat tombol volume. Bagian belakang ponsel yang tampak mulus ternyata disematkan sensor sidik jari. Kamera belakang berada di posisi sudut kiri atas berdampingan dengan lampu flash membuat kesan simple dari OPPO F7 tampak semakin menonjol.

Kekurangan dari body luar OPPO F7 terletak pada bahan polikarbonat yang digunakan di bagian belakang ponsel, dimana sangat berpotensi mudah kotor dan meninggalkan bekas akibat adanya sensor sidik jari. Bagi pengguna yang tidak terbiasa dengan bahan polikarbonat berfinishing glossy, mungkin akan terasa sedikit licin terlebih ketika tangan berkeringat. Namun, masalah ini dapat diatasi dengan melengkapi ponsel dengan casing berbahan karet yang sudah tersedia dalam paket box OPPO F7.

4.       Performa

Sebuah ponsel dengan kualitas kamera yang bagus tidak akan berarti tanpa performa yang baik. Untuk itu OPPO menyematkan chipset Mediatek Helio P60. Berdasarkan hasil uji coba, ponsel ini dinilai lebih unggul dibandingkan dengan smartphone lain dari vendor lain. Soal keamanan ponsel, ada beberapa opsi yang ditawarkan seperti pola, pin, sensor sidik jari hingga sensor wajah. Pengguna bisa memilih salah satu diantaranya, hanya saja menurut beberapa pengguna yang telah mencoba sensor sidik jari dan wajah, tipe keamanan ini cukup sulit digunakan mengingat ukuran ponsel yang lumayan lebar dan besar menyulitkan jari menekan tombol sensor.

Nah itu tadi ulasan singkat mengenai smartphone OPPO F7 yang bisa saya bagikan kepada anda, semoga para pembaca mendapatkan informasi yang bermanfaat pada artikel ini. Salam!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *