Menilik Dahsyatnya Manfaat Bermain Sepeda Roda Tiga untuk Buah Hati Anda

Kebahagiaan orang tua adalah ketika melihat buah hatinya tumbuh sehat, aktif dan lincah setiap harinya. Seperti yang diketahui bahwa pertumbuhan yang baik dari anak itu tidak hanya serta merta secara alami saja tetapi juga perlu faktor lainnya sebagai pendorong. Misalnya saja memberikan fasilitas bermain sepeda roda tiga  untuk aktivitasnya. Orang tua perlu paham juga bahwa anak akan mempunyai pertumbuhan yang baik jika dibantu dengan beberapa fasilitas yang sesuai. Dengan menggunakan sepeda mereka akan belajar banyak sekali hal-hal baru, selain itu juga memberikan kesehatan yang lebih baik secara fisik.

Setiap anak sangat umum mempunyai keinginan bersepeda, hal itu muncul karena melihat aktivitas orang lain yang sudah fasih menggunakan. Namun terkadang hal tersebut tidak didukung oleh orang tua yang selalu cemas dan khawatir jika anaknya bermasalah ketika bermain sepeda. Hal itu secara otomatis akan menutup peluang anak untuk tumbuh sehat dan aktif. Bagi bunda yang masih melarang kegiatan positif bersepeda kepada anaknya, perlu mengetahui terlebih dahulu beberapa manfaat dari sepeda berikut ini:

  • Peningkatan motorik.

Kemampuan motorik yang masih sangat terbatas pada anak usia dibawah lima tahun menjadikannya perlu pendorong yang lebih. Hal inilah yang perlu dijadikan sebagai pertimbangan orang tua supaya tumbuh kembang anak tidak terhambat. Dengan belajar berjalan, menaiki sepeda, mengayuh dari tangan dan kaki ataupun semua aktivitasnya membuat saraf motorik anak semakin meningkat lebih kuat.

  • Belajar arah.

Dengan bimbingan orang tua, seorang anak akan lebih mudah mengenal arah saat bermain sepeda. Secara sederhana mereka akan mengenal depan, belakang, kiri atau kanan dengan perintah yang diberikan orang tua. Dimulai dengan sepeda roda tiga anak akan mulai belajar dan melewati setiap proses sampai mereka mampu mengendarai secara seimbang sendiri. Konsentrasi anak juga lebih meningkat dengan adanya sepeda, hal ini menjadikan kemampuannya bertambah.

  • Meningkatkan keaktifan dan ketangkasan.

Meskipun menggunakan sepeda dengan roda tiga tetapi hal itu juga melatih anak untuk menyeimbangkan diri supaya sepeda tetap melaju dan tidak terjatuh. Lalu beberapa rintangan juga akan anak hadapi seperti belokan, berbatu, menanjak, turunan ataupun lainnya. Nah, secara otomatis mereka akan lebih aktif dalam berfikir dan menentukan sikap seperti apa yang harus dilakukan.

  • Meningkatkan kesehatan.

Seringnya beraktivitas menggunakan sepeda membuat fisik anak terus bergerak, bukan saja lebih kuat tetapi juga akan lebih sehat lagi. Apalagi jika anak sangat aktif mengayuh, sistem kerja otak dan otot akan bergerak secara bergantian. Fisik yang sehat akan memberikan hasil yang maksimal untuk pertumbuhan.

  • Melatih kemandirian.

Olahraga sepeda itu dilakukan atas dasar individu, jadi anak akan lebih mandiri lagi mempertahankan permainan sepeda dengan baik. Bukan hanya otot dan otak saja tetapi jiwa serta sikap menghadapi segala sesuatu yang ditemui akan membentuk karakter kemandirian yang lebih kuat lagi. Hal ini tentunya akan membuat tumbuh kembangnya semakin baik setiap harinya.

Sekarang ini sudah ada berbagai jenis atau model sepeda dengan jumlah roda empat atau tiga yang dapat dipilih pada toko online ataupun secara langsung. Jangan pernah memaksakan anak untuk menyukai segala sesuatu yang tidak sesuai dengan umurnya. Misalnya saja memaksa memilih sepeda roda tiga tanpa pertimbangan dengan anak. Padahal dengan pilihan sepeda dengan tema yang mereka sukai pasti akan membuatnya lebih bersemangat belajar. Kecuali jika memang anak masih belum cukup umur untuk diajak komunikasi lancar.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *