Mengulas Ragam Bentuk Alat Komunikasi dari Waktu ke Waktu

Komunikasi merupakan bagian yang sangat penting dilakukan oleh manusia, untuk menyampaikan sebuah pesan dari satu sumber ke sumber yang lainnya, bentuknya sendiri mulai dari komunikasi secara verbal dan juga non verbal. Jika dulu komunikasi hanya bisa dilakukan dengan mengandalkan secara langsung. Maka sekarang ini dengan mengandalkan berbagai macam alat komunikasi maka bukan hal yang sulit untuk melakukan komunikasi secara tidak langsung atau jarak jauh. 

Tak lepas sebenarnya dari perkembangan teknologi, dimana manusia memiliki kecenderungan untuk membuat sesuatu yang canggih dari waktu ke waktu, hanya untuk memberikan kemudahan pada dirinya sendiri yang nantinya tentu akan dikomersilkan untuk masyarakat luas. Jika dilihat bentuk-bentuk atau alat komunikasi  secara jarak jauh sekarang ini begitu banyak, diantaranya adalah:

  1. Telegraf, sebelum terciptanya telepon atau yang lainnya, maka komunikasi jarak jauh mengandalkan sebuah telegraf, alat yang satu ini dapat digunakan untuk mengirim pesan dan juga dibaca dengan mengandalkan sebuah peralatan listrik. Nantinya ada kode-kode morse yang akan dipakai untuk menjalankannya, harus paham bagaimana mengoperasikannya sehingga bisa dibaca secara jelas. Biasanya mereka yang mengirim informasi tidak sejelas sekarang ini, melainkan hanya dalam bentuk inisial singkat saja.
  2. Telepon, setelah telegraf ditemukan yang pada dasarnya memang hanya ditujukan untuk kebutuhan mengirimkan pesan dalam bentuk tulisan saja, maka kemudian ditemukan yang namanya telepon pesan yang dikirimkan sekarang adalah dalam bentuk suara. Nantinya alat yang satu ini membantu untuk berkomunikasi dengan pengguna lainnya secara jarak jauh dengan sangat mudah, hanya saja biaya penggunaannya memang mahal.
  3. Fax atau yang lebih dikenal dengan nama faksimile, umumnya bentuk yang dikirimkan kesini bukan hanya tulisan saja, melainkan juga bervariasi diantaranya adalah gambar juga dapat dikirimkan. Contohnya adalah untuk menyalin sebuah dokumen, penerimanya sendiri juga harus menggunakan mesin ini untuk menerimanya. Sama halnya dengan telepon, maka ada nomor tertuju juga untuk mengidentifikasi pengguna tersebut, sehingga tak salah kirim nantinya.
  4. Televisi, jangan salah karena perangkat elektronik tersebut bukan hanya sarana hiburan semata, lebih dari itu ia juga memiliki pesan komunikasi di dalamnya, contohnya setiap program berita yang dilihat didalamnya memiliki fungsi untuk memberikan informasi. Komunikasi massa yang ditujukan kepada masyarakat secara luas, bukan hanya satu perorangan saja dan juga dapat dinikmati oleh semua kalangan.
  5. Radio, agak berbeda dengan televisi yang ditampilkan dalam bentuk audio dan juga visual, maka radio ini hanya mengandalkan bentuk audio atau suara saja, namun fungsinya sendiri sama seperti televisi yang digunakan sebagai sarana komunikasi, hingga sekarang masih banyak dijumpai, hanya saja dari segi jumlah pendengar memang selalu turun.
  6. Telepon bergerak, inilah yang dikenal dengan istilah ponsel saat ini, jika telepon biasa hanya bisa digunakan di tempatnya, karena ukuran yang sangat besar dan juga terbatas keberadaan kabelnya, maka tidak dengan telepon bergerak, sesuai dengan namanya maka bisa secara mudah dibawa kemana-mana. Ukurannya kecil dan bisa digunakan untuk mengirimkan suara maupun pesan teks.
  7. Smartphone, di abad 21 ini masyarakat dimanjakan dengan namanya smartphone atau telepon pintar yang dibekali dengan sistem kerja layaknya komputer, sehingga bisa mengirimkan pesan dalam bentuk apapun, termasuk dengan adanya fitur internet di dalamnya yang membantu masyarakat untuk berkomunikasi secara lebih luas.

Di masa yang akan datang mungkin alat komunikasi manusia jadi lebih canggih lagi.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *