Ini Dia Menu Makanan Anak Alergi yang Bisa Anda Coba

Memiliki alergi membuat banyak orang menderita. Bagaimana tidak, mereka menjadi sangat sensitif terhadap penyebab dari alergi mereka. Mulai dari alergi makanan, udara, serangga, dan obat-obatan. Tapi, apa sebenarnya yang dimaksud dengan alergi? Alergi adalah suatu reaksi sistem kekebalan tubuh terhadap kuman-kuman penyakit yang sebenarnya tidak berbahaya. Biasanya ini berupa substansi yang masuk atau bersentuhan dengan tubuh seperti bulu binatang, obat, debu, makanan tertentu, serbuk sari, jamur, dan masih banyak lagi. Beberapa substansi tersebut disebut sebagai alergen. Saat terkena dengan salah satu dari alergen, tubuh akan bereaksi dengan memproduksi antibodi IgE yang dapat mengikat alergen tersebut. Alergen dapat memengaruhi tubuh baik dengan cara menelan, menghirup, kontak langsung dengan kulit, dan lain-lain. Antibodi IgE akan melekat pada sel darah merah yang disebut sel mast. Setelah itu, sel mast akan melepaskan berbagai bahan kimia ke dalam darah. Histamin merupakan senyawa utama yang membuat sebagian besar dari gejala reaksi alergi. Salah satu alergi yang sering diderita oleh banyak orang adalah alergi makanan. Alergi ini bisa menyerang siapa saja, termasuk anak-anak. Anak-anak yang memiliki alergi makanan tidak bisa mengonsumsi makanan yang membuatnya alergi. Untuk itu, orang tua perlu memikirkan menu makanan anak alergiyang akan kami sajikan di dalam artikel ini.

Sebelumnya, akan lebih baik jika kita memahami alergi terlebih dahulu. Mungkin ada yang masih bingung perbedaan antara alergi dengan biduran. Alergi adalah Alergi adalah suatu reaksi sistem kekebalan tubuh terhadap kuman-kuman penyakit. Sedangkan biduran adalah reaksi kulit yang ditandai dengan bilur berwarna merah atau putih yang terasa gatal. Gejala yang ditimbulkan akibat biduran ini lebih singkat, umumnya hanya beberapa jam saja. Sedangkan alergi memiliki gejala yang lebih luas dan berpotensi besar untuk terjadi lagi di lain waktu. Untuk lebih memahami gejala-gejala yang diakibatkan oleh alergi, Anda dapat menyimak ulasannya sebagai berikut :

  1. Alergi Akibat Makanan

Alergi yang sering diderita oleh banyak orang adalah alergi terhadap makanan. Mulai dari telur, ikan, kedelai, kacang, susu, dan lain sebagainya. Bagi anak-anak yang memiliki alergi terhadap makanan-makanan tersebut tentu sangat disayangkan. Pasalnya, makanan tersebut merupakan sumber nutrisi yang sangat penting bagi pertumbuhan dan perkembangan anak. Untuk itu, orang tua perlu menyiapkan menu makanan anak alergi sebagai pengganti makanan tersebut. Gejala yang biasanya ditimbulkan adalah gatal-gatal pada mulut, pembengkakan pada bibir, lidah, mata, wajah, serta muncul rasa ingin mual-mual sakit perut, hingga diare.

  1. Alergi Akibat Udara

Alergi yang disebabkan oleh udara biasanya berasal dari debu, serbuk sari, dan sejenisnya. Sedangkan gejala yang timbul berupa bersin-bersin, hidung gatal-gatal, hidung berair, mata berair, mata memerah, dan lain-lain.

  1. Alergi Akibat Sengatan Serangga

Area yang mendapat gigitan atau sengatan serangga biasanya akan terasa gatal-gatal dan mengalami pembengkakan. Gejala lain yang timbul adalah batuk-batuk dan sesak nafas.

  1. Anafilaksis

Yang satu ini adalah terjadi karena reaksi yang parah terhadap alergen. Gejala yang ditimbulkan bisa berupa ruam pada kulit, kulit dan bibir berwarna biru, pusing, mual-mual, muntah, sesak napas yang berlebihan, denyut nadi cepat tapi lemah, hingga menyebabkan pingsan. Karena termasuk parah, maka jika timbul gejala seperti ini harus segera diberikan penanganan medis.

Kembali pada pembahasan alergi makanan, anak-anak yang mengalami alergi makanan harus benar-benar diperhatikan makanan yang dikonsumsinya. Menu makanan anak alergi yang bisa dicoba misalnya sebagai berikut :

  1. Pengganti Ikan

Anak-anak yang alergi terhadap ikan bisa diberikan makanan hasil olahan dari daging, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Makanan tersebut bisa menjadi pengganti protein dan nutrisi lain yang terdapat di dalam ikan.

  1. Pengganti Telur

Telur juga memiliki kandungan protein yang cukup banyak. Sebagai pengganti telur, Anda bisa menggantinya dengan olahan daging yang berupa soto, sate, sop daging, dan lain sebagainya asalkan tidak memiliki campuran telur.

  1. Pengganti Susu

Banyak sekali anak-anak yang alergi terhadap telur. Padahal, susu memiliki peranan penting terhadap pertumbuhan dan perkembangan telur. Susu dapat digantikan dengan susu kedelai, susu beras,suplemen, dan sayuran hijau.

Selain menyiapkan pengganti menu makanan anak alergi, Anda juga perlu mengatasi alergi makanan dengan beberapa cara sebagai berikut :

  1. Membuat variasi makanan pengganti agar anak tidak bosan
  2. Mewaspadai produk turunan bahan pangan pemicu alergi
  3. Memerhatikan label komposisi makanan atau jajanan anak
  4. Jika makan di tempat luar, tanyakan bahan-bahan dari menu makanan yang disediakan

Cara-cara di atas dapat Anda gunakan untuk menghindari terjadinya reaksi tubuh anak terhadap alergi. Sementara untuk mengurangi reaksi alergi, Anda dapat memberikannya obat setelah melakukan konsultasi dengan dokter. Jangan sampai sembarangan dalam memberikan obat untuk menghindari reaksi yang lebih berbahaya.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *